“Belajar Bisnis Sambil Menabung untuk Modal Usaha - Okezone”

Senin, 10 Agustus 2015

“Belajar Bisnis Sambil Menabung untuk Modal Usaha - Okezone”


Belajar Bisnis Sambil Menabung untuk Modal Usaha - Okezone

Posted: 09 Aug 2015 04:16 PM PDT

JAKARTA - Sebagian orang merasa kesulitan ketika ingin membuka usaha. Salah satunya kesulitan tersebut adalah mendapatkan modal usaha. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan modal usaha. Salah satunya dengan cara menabung.

Tidak hanya itu saja, perencana keuangan Ahmad Gozali memberikan kiat-kiat untuk membuka usaha. Selain menabung, sebelumnya juga harus belajar terlebih dahulu sebelum mengumpulkan uang.

"Menabung untuk apapun caranya, terapkan prinsip saving dulu baru shopping. Kemudian, harus belajar dulu sebelum mengumpulkan uang untuk modal usaha," ujar Gozali saat dihubungi Okezone di Jakarta.

Dia melanjutkan, jika ada uang tapi tidak mempunyai ide untuk buka usaha, maka uang tabungan untuk modal usaha tersebut akan habis begitu saja. Menabung untuk modal usaha, kata dia, tidak bergantung dari pendapatan bulanannya. Jangan buka usaha jika tidak tahu tujuannya seperti apa.

"Kita harus punya ide untuk menjual. Misalnya ada orang yang membuka usaha dengan sukses, maka kita bisa belajar dari orang tersebut," ucapnya.

Tidak hanya belajar bisnis dari pengusaha sukses, tapi bisa juga belajar dari supplier seperti online shop. Karena, produsen tersebut juga memberikan tips-tips ke reseller.

"Bisa juga belajar dari komunitas pengusaha pemula atau start up dengan memperbanyak diskusi," ungkapnya.

Jika seseorang ingin tetap menabung untuk modal usaha, Gozali menyarankan, idealnya sebesar 5-20 persen dari pendapatan bulanan.

"Makin banyak makin cepat dan makin baik. Sisihkan 5 persen juga tidak masalah yang penting konsisten," tuturnya.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.24  

0 komentar:

Poskan Komentar