“Kebutuhan Modal Usaha Terus Meningkat, Pasar Modal Bisa Jadi ... - Bisnis.com”

Kamis, 04 Juni 2015

“Kebutuhan Modal Usaha Terus Meningkat, Pasar Modal Bisa Jadi ... - Bisnis.com”


Kebutuhan Modal Usaha Terus Meningkat, Pasar Modal Bisa Jadi ... - Bisnis.com

Posted: 03 Jun 2015 10:49 PM PDT

Kebutuhan Modal Usaha Terus Meningkat, Pasar Modal Bisa Jadi Opsi Sumber Pendanaan

BEI mencatat kebutuhan dunia usaha terhadap permodalan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun

ILUSTRASI

Bisnis.com, MAKASSAR -- PT Bursa Efek Indonesia mencatat kebutuhan dunia usaha terhadap permodalan cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun seiring dengan semakin meningkatnya aktivitas produksi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Kepala Divisi Penilaian Perusahaan Group 2 Bursa Efek Indonesia (BEI), Umi Kalsum mengatakan, selama ini pinjaman dari perbankan memang masih menjadi pilihan utama sebagian besar perusahaan, namun tingkat suku bunga dasar yang fluktuatif membuat perusahaan membutuhkan opsi pendanaan lainnya.

"Data BEI per 22 Mei 2015 menyebutkan, dari total 510 perusahaan yang telah mencatatkan sahamnya di pasar modal, 421 emiten berasal dari Jakarta, 27 emiten berbasis di Jawa Timur dan 26 emiten berkantor pusat di Banten," kata Umi Kalsum dalam Workshop Wartawan bertema "Peluang Pendanaan Perusahaan di Pasar Modal" di Makassar, Kamis (4/6/2015).

Dia mengungkapkan dari data tersebut, emiten asal Jakarta menguasai 88,91% kapitalisasi pasar di BEI, disusul kapitalisasi pasar emiten di Jawa Timur dan Banten sebesar masing-masing 4,03% dan 5,22%.

Dia juga mengatakan, masih belum meratanya akses informasi tentang pasar modal di setiap daerah membuat BEI bersama Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) selaku Self Regulatory Organization (SRO) terus melakukan sosialisasi ke setiap daerah di seluruh Indonesia.

"Selain berupaya menambah jumlah investor domestik, juga meningkatkan minat perusahaan daerah untuk mengubah statusnya menjadi perusahaan terbuka yang pada akhirnya mau untuk mencatatkan sahamnya di BEI."

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.29  

0 komentar:

Poskan Komentar