“Mau Buka Usaha Kuliner, Apa Bisa Dapat Pinjaman Bank? - Okezone”

Minggu, 10 Mei 2015

“Mau Buka Usaha Kuliner, Apa Bisa Dapat Pinjaman Bank? - Okezone”


Mau Buka Usaha Kuliner, Apa Bisa Dapat Pinjaman Bank? - Okezone

Posted: 09 May 2015 04:46 PM PDT

Pertanyaan:

Selamat pagi, maaf sebelumnya mengganggu,nama saya Poppy. Begini Pak, saya sedang butuh dana untuk membuka usaha di bidang kuliner, tapi saya tidak punya jaminan apa bisa saya mendapat pinjaman bank? Atau ada syarat lain untuk bisa pinjam dana ini.

Terima kasih

Poppy Yulivia

 

Jawaban

Selamat pagi, Mbak Poppy.

Senang sekali mendengar rencana Anda untuk menambah penghasilan dengan membuka usaha di bidang kuliner. Memang saat ini semakin banyak orang yang tertarik untuk menjadi pengusaha, dan bisnis di bidang kuliner dan fashion menjadi pilihan utama.

Dalam memulai berbisnis, selain pengetahuan mengenai bisnis yang akan dijalankan tentunya diperlukan modal usaha. Pertama, Anda harus mengetahui dahulu berapa banyak modal yang dibutuhkan? Jika sudah dihitung kebutuhan modalnya, aturan kedua adalah: Jangan menginvestasikan seluruh uang Anda.

Setiap bisnis ada risikonya, jarang ada pengusaha yang langsung meraup untung dalam waktu dekat setelah dia memulai bisnisnya. Maka untuk mengurangi risiko hilangnya seluruh harta ada baiknya untuk membagi risiko kepada mitra bisnis. Selain itu beban modal bias dibagi pula. Sangat tidak dianjurkan untuk meminjam modal usaha ke bank di tahap awal, karena jika bisnis Anda tidak berjalan baik, bias jadi akhirnya Anda terjerat utang dan kehilangan aset.

Jika usaha Anda sudah berjalan baik dan memberikan keuntungan, maka Anda bias mengajukan pinjaman ke bank untuk memperbesar bisnis Anda. Pihak bank pun akan lebih mudah menyetujui pinjaman jika melihat potensi bisnis yang sedang berjalan. Dengan kredit modal usaha, perusahaan Anda bias dijadikan jaminan.

Selamat menjalankan usaha, semoga sukses.

Sari Insaniwati, CFP 

PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner 
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia
 

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi". 

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.34  

0 komentar:

Poskan Komentar