“Beginilah semestinya Contoh Proposal Usaha Makanan Untuk ... - Penulispro.com”

Senin, 11 Mei 2015

“Beginilah semestinya Contoh Proposal Usaha Makanan Untuk ... - Penulispro.com”


Beginilah semestinya Contoh Proposal Usaha Makanan Untuk ... - Penulispro.com

Posted: 11 May 2015 12:37 AM PDT

writing proposal

Mempelajari dan contoh proposal usaha makanan untuk mengembangkan bakat bisnis bukanlah hal yang sulit.  Di sini hanya perlu menguatkan tekad dan niat untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik.

Usaha makanan memang tak pernah ada matinya, kapan saja manusia perlu makan dan minum.  Dengan artian bisnis  kuliner menjamin kelanggenan asalkan dikelola dengan manajemen yang baik dan disiplin tinggi. Apalagi bisnis ini tak mengenal musim, dan mempunyai potensi pasar yang luas.

Fungsi proposal untuk mengajukan modal usaha

Pengadaan modal menjadi kendala klasik yang dihadapi oleh pengusahaan pemula.  Modal merupakan syarat awal untuk menjalankan sebuah bisnis. Modal itu ibarat bensin / BBM pada sebuah mobil.  Mobil tak bisa bergerak tanpa ada bahan bakar.  Demikian pun dengan  usaha, harus digerakan dengan modal.

capital

Modal utama berupa uang kontan dan tempat usaha. Dana dipakai untuk membeli bahan baku, kulakan, menggaji karyawan atau juga membayar tempat usaha.

Namun ada juga pengusaha yang sudah menjalankan bisnis selama beberapa tahun, tapi kesulitan mengembangkan usahanya agar lebih besar lagi. Mereka kesulitan pengadaan modal, karena satu sebab akibatnya bisnisnya mengalami stagnasi, atau berjalan di tempat.

Solusinya adalah mencari tambahan modal, dengan mengajukan proposal kepada investor atau pemodal. Jika Anda jeli pemerintah kerap menyediakan bantuan modal usaha melalui dinas terkait. Selain itu juga ada beberapa Bank pemerintah yang menawarkan kredit lunak UKM.

Salah satu syarat menarik modal adalah dengan mengajukan proposal kepada investor atau pemilik modal. Untuk meyakinkan pemilik modal, sebaiknya proposal ditulis sebaik mungkin, dengan penjelasan yang gamblang. Termasuk menjelaskan prospek bisnisnya.

Contoh proposal usaha makanan

snack store

Berikut ini contoh penyusunan proposal yang baik dan terperinci. Dijelaskan dengan runtun per bab, dari pendahuluan dan hingga perencanaan keuangan.

Bab  I Pendahuluan

Pada bab awal berisi dua pokok point yang wajib Anda jelaskan di dalam proposal ini.  Yakni latar belakang masalah dan manfaat tujuan.

  • Latar belakang masalah

Latar belakang masalah berisikan tentang penjelasan kendala yang dihadapi oleh Anda selama menjalankan bisnis.  Masalah bisnis pasti selalu ada dan menjadi rintangan yang harus Anda singkirkan. Termasuk keterbatasan modal, yang menjadi penghambat kemajuan bisnis Anda.

  • Manfaat tujuan

Selain itu juga Anda harus menerangkan prospek bisnis yang Anda tekuni sekarang atau rencana usaha yang akan di bangun.

Proses pencapaian tujuan juga harus dijelaskan bagaimana caranya. Maksudnya agar bisa cepat mendapatkan konsumen baru. Misalnya  menyediakan anggaran untuk biaya iklan, promosi atau membuat website / online store sebagai kepanjangan dari usaha konvensional.

Bab II Kegiatan

marketing

Bab selanjutnya  menerangkan bagaimana aksi yang akan Anda lakukan setelah mendapatkan kucuran dana. Misalnya pembelian mesin-mesin produksi baru untuk meningkatkan kapasitas produksi.  Penambahan pengadaan bahan baku, penambahan karyawan dan sebagainya.

Selain itu juga rencana perluasan pemasaran, dari yang awalnya hanya terbatas pada satu daerah kini, meluas ke barbagai wilayah, dengan sistem kemitraan, reseller.

 Bab III  Perencanaan Keuangan

acounting

Di sini Anda harus bisa menyusun skema keuangan, seperti perkiraan omzet penjualan, dan profit yang didapat dengan asumsi penambahan modal sekian persen. Selain  itu juga presentasi sharing profit antara pelaku usaha maupun pemilik modal.

Pembuatan skema keuangan dibuat serasional mungkin, dengan update harga –harga bahan baku terbaru dan bukan jiplakan dari sumber lain.

Selain itu juga Anda harus menjelaskan resiko dan ancaman dari bisnis Anda agar investor memahami sepenuhnya bisnis yang dijalani tidak selamanya mulus.

Demikianlah sekilas tentang bagaimanca contoh proposal usaha makanan dan kuliner. Smoga bermanfaat.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.10  

0 komentar:

Poskan Komentar