“Pemprov Sulut Tertibkan Penerbitan Izin Usaha Pertambangan - Bisnis.com”

Sabtu, 18 April 2015

“Pemprov Sulut Tertibkan Penerbitan Izin Usaha Pertambangan - Bisnis.com”


Pemprov Sulut Tertibkan Penerbitan Izin Usaha Pertambangan - Bisnis.com

Posted: 17 Apr 2015 02:09 AM PDT

Bisnis.com, MANADO - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bakal menahan penerbitan izin usaha pertambangan (IUP) sampai pemerintah pusat mengeluarkan aturan pendukung untuk menerapkan Undang-Undang No.23/2014 tentang Pemerintahan Daerah.
 
Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Djouhari Kansil mengatakan pihaknya telah beberapa kali berkonsultasi dengan pemerintah pusat berkaitan dengan amanat UU No.23/2014.
 
Dia mengungkapkan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sulut juga telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait penertiban izin usaha pertambangan (IUP).
 
Hanya saja, aturan itu belum memiliki aturan pendukung di bawahnya sehingga menyulitkan pemerintah daerah untuk bisa segera menerapkan aturan itu. UU No.23/2014 menyebutkan wewenang Wali Kota/Bupati dilimpahkan ke Gubernur untuk melakukan proses perizinan tambang.
 
"Penerbitan IUP baru jangan dulu. Ditahan sampai terbitnya peraturan pemerintah," katanya Jumat (17/4).
 
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sulut, Marly Gumalag mengungkapkan memang sebaiknya ada petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari UU No.23/2014.

"Juklak dan Juknis sebaiknya segera ada," katanya.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.29  

0 komentar:

Poskan Komentar