“Ini Kisah Sukses Usaha Kecil Manfaatkan Media Online - Tempo.co”

Senin, 06 April 2015

“Ini Kisah Sukses Usaha Kecil Manfaatkan Media Online - Tempo.co”


Ini Kisah Sukses Usaha Kecil Manfaatkan Media Online - Tempo.co

Posted: 05 Apr 2015 11:22 PM PDT

Bisnis.com, Jakarta - Teknologi informasi saat ini banyak berjasa dalam pengembangan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) di dalam negeri. Contohnya, dalam waktu kurang dari sembilan bulan, Danu Sofwan telah membuka sekitar 190 outlet kemitraan Radja Cendol di seluruh Indonesia.

Usaha yang mengangkat citra minuman tradisional Indonesia menjadi lebih modern tersebut disambut baik masyarakat karena informasi yang berkembang secara pesat melalui Internet.

"Sekitar 75-85 persen dari mitra yang bekerja sama dengan kami mengetahui informasi tentang Radja Cendol dari website dan media sosial," katanya. Dari sana, Danu terus percaya Internet saat ini berpengaruh sangat signifikan, termasuk pada perkembangan bisnis yang dijalankannya.

Untuk itu, dia sangat memperhatikan bagaimana kehadiran bisnis yang dijalankannya tersebut pada setiap media di Internet. Dari menyusun konten apa saja yang akan ditampilkan hingga bagaimana tata bahasa yang dilakukan untuk menyasar target market tertentu.

"Itu juga untuk menunjukkan bahwa kami eksis dan selalu update, sehingga konsumen percaya terhadap semua produk dan layanan yang kami berikan," katanya.

Selain Danu, pelaku usaha lain yang sukses membesarkan bisnisnya secara online adalah Diajeng Lestari, pendiri dan pemilik Hijup.comyang diklaim sebagai online store hijab pertama di dunia.

Diajeng mengatakan bisnisnya tersebut bisa tumbuh karena rasa percaya dari konsumen terhadap bisnis yang dijalankannya. Apalagi toko online tidak bisa menghadirkan produk secara langsung untuk dilihat oleh calon konsumen.

Hanya berbekal website yang menjadi etalase produk-produk dari berbagai pemasok, sekarang Hijup.com sudah menjadi salah satu toko online referensi fashion muslim dunia. "Kepercayaan menjadi salah satu poin penting untuk menjalankan bisnis online, bagaimana kita bisa terus menambah calon konsumen baru sekaligus tetap mengelola konsumen yang sudah ada," katanya.

Danu dan Diajeng merupakan dua pebisnis yang bisa dicontoh para pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnis secara online. Dengan kata kunci kepercayaan, mereka bisa memperluas pasar secara pesat.

MIA CHITRA DINISARI


Berita Terkait

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.39  

0 komentar:

Poskan Komentar