“Bisnis Sampingan Untung Berlipat Dari Usaha Tanaman Hias - Jitunews”

Senin, 13 April 2015

“Bisnis Sampingan Untung Berlipat Dari Usaha Tanaman Hias - Jitunews”


Bisnis Sampingan Untung Berlipat Dari Usaha Tanaman Hias - Jitunews

Posted: 12 Apr 2015 11:12 PM PDT

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jika Anda memiliki kegemaran serta Pengetahuan yang cukup tentang memelihara tanaman hias, kenapa tidak Anda manfaatkan hobi Anda itu untuk menjalankan sebuah bisnis tanaman hias. Bisnis tanaman hias adalah sebuah bisnis yang masih menyimpan potensi yang lumayan besar. Beberapa kalangan bahkan rela merogoh koceknya dalam-dalam hanya untuk sekedar menambah koleksi tanaman hias miliknya.

Untuk target pasar hampir semua kalangan dapat Anda jaring dalam bisnis tanaman hias ini. Akan tetapi lebih baik jika Anda mengembangkan pasar bisnis tanaman hias ini di area perkantoran, plaza, rumah sakit, universitas dan kawasan lain yang strategis.

Menyiasati waktu aktivitas berkebun atau merawat tanaman dapat Anda lakukan sebelum atau sepulang dari kantor. Hal ini dilakukan agar tidak menganggu pekerjaan utama Anda sebagai pegawai kantor. Anda dapat menitipkan penjualan tanaman hias kepada penghuni rumah Anda yang lain jika memang Anda mengambil rumah Anda sebagai tempat untuk berjualan. Sedangkan jika Anda memilih untuk membuka toko atau kios di tempat yang lumayan jauh dari rumah, sebaiknya Anda mengangkat beberapa pegawai untuk menjaga toko Anda.

Hal pertama yang patut Anda perhatikan sebelum memulai bisnis ini adalah Anda harus memiliki ketertarikan dan pengetahuan tentang tanaman hias yang cukup baik. Disamping itu ketersediaan stok tanaman yang beraneka ragam juga patut diperhatikan, karena banyak konsumen yang lebih menyukai toko yang memiliki stok tanaman hias yang lengkap.

Hambatan yang mungkin Anda hadapi dengan kesulitan mendapatkan stok bibit tanaman hias yang beraneka ragam, sepertinya memang akan menjadi hambatan paling serius yang akan Anda hadapi. Disamping itu jenis tanaman hias yang beraneka ragam tentunya membutuhkan perawatan yang berbeda-beda pula. Anda harus benar-benar cermat memperhatikan perbedaan jenis perawatan tiap tanaman hias. Berikutnya hanya tinggal masalah promosi. Ada kalanya sebuah toko tanaman hias yang lengkap dan bagus akan sulit berkembang jika tidak didukung dengan langkah promosi yang gencar.

Kunci sukses adalah pengetahuan tentang tanaman hias, kreativitas, ketersediaan aneka jenis tanaman hias, pelayanan yang baik, harga yang kompetitif serta langkah promosi yang gencar, niscaya akan dapat memajukan bisnis Anda dalam bidang tanaman hias.

Untuk Analisis BEP tanaman hias, investasi awal Rp 4.500.000 seperti, pengadaan bibit tanaman hias Rp.3.500.000, pot dan polybag Rp. 1.000.000. Omset perbulan Rp.5.000.000. Pengeluaran dan biaya pupuk dan lain-lain sebesar Rp. 1.000.000, pegawai untuk 2 orang masing-masing Rp.600.000 total Rp. 1.200.000, bibit tanaman hias Rp. 1.000.000, biaya air dan listrik Rp.300.000, total biaya adalah Rp.3.500.000. Keuntungan perbulan yang Anda dapat Rp. 1.500.000. Analisis BEP 3 bulan setelah tanaman bisa dijual.

Penulis : Suciati
Editor : Hasballah

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.30  

0 komentar:

Poskan Komentar