“Peluang Usaha: Bisnis Es Kering Bisa Bikin Banjir Laba - Tribun Timur”

Rabu, 18 Maret 2015

“Peluang Usaha: Bisnis Es Kering Bisa Bikin Banjir Laba - Tribun Timur”


Peluang Usaha: Bisnis Es Kering Bisa Bikin Banjir Laba - Tribun Timur

Posted: 17 Mar 2015 08:38 PM PDT

TRIBUNNEWS.COM -- Agar makanan bertahan lama, ada cara tertentu yang harus dilakukan. Cara ini haruslah alami agartidak membahayakan orang yang mengonsumsi makanan itu. Salah satu caran mengawetkan makanan adalah dengan membekukannya.

Pembekuan merupakan proses yang umum dilakukan, baik ketika menyimpan maupun mengantarkan makanan. Dus, ketika dikonsumsi, makanan masih segar. Banyak cara yang bisa digunakan untuk membekukan makanan. Salah satu jurus membekukan makanan yang populer adalah menggunakan dry ice atau es kering.

Penggunaan es kering bisa menurunkan suhu secara tidak langsung di ruangan penyimpanan. Proses ini membuat suhu makanan juga berkurang hingga makanan bisa awet. Es kering dipercaya lebih ampuh dibandingkan dengan es batu. Pasalnya, es batu hanya mampu membuat suhu turun sekitar minus 3º Celsius (C). Sementara dengan es kering, suhu bisa diturunkan hingga minus 78º C.

Berbeda dengan es batu yang terbuat dari air, es kering dibuat dari bahan baku karbondioksida (CO2) yang dipadatkan. Pengawetan dengan es kering lazim dilakukan terutama pada ikan karena rentan membusuk. "Setelah ditangkap nelayan, ikan-ikan yang akan diekspor harus disimpan bersamaan dengan dry ice jadi bisa tetap segar ketika sampai di luar negeri," ujar Fanny Iskandar, Direktur PT Padang Kencana.

Fanny mengatakan, pembekuan dengan es kering kerap digunakan pada ikan tuna yang diekspor segar alias belum dipotong-potong. Di dalam insang ikan dimasukkan sebongkah es kering. Dengan begitu, ketika ikan tuna tiba di Jepang, ikan masih utuh dan segar.

Padang Kencana memproduksi es kering sejak awal 2004. Fanny menceritakan, dia mengambil alih perusahaan pembuat es kering lalu dilanjutkan dengan bendera Padang Kencana. Dengan demikian, secara otomatis, Fanny pun sudah mendapatkan pasar dari perusahaan sebelumnya. "Kami lanjutkan memproduksi es kering karena memang permintaannya bagus," ujar Fanny.

Ia menuturkan, dulunya hanya ada dua produsen es kering di Jakarta. Dus, persaingan tak terlalu ketat. Di sisi lain, permintaan pasar sangat bagus.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.40  

0 komentar:

Poskan Komentar