“Ini Yang Dibutuhkan Jika Ibu Rumah Tangga Ingin Buka Usaha”

Selasa, 24 Maret 2015

“Ini Yang Dibutuhkan Jika Ibu Rumah Tangga Ingin Buka Usaha”


Ini Yang Dibutuhkan Jika Ibu Rumah Tangga Ingin Buka Usaha

Posted: 23 Mar 2015 06:37 PM PDT

Jakarta - Membuka usaha adalah salah satu alternatif karier untuk ‎ibu rumah tangga. Pasalnya profesi sebagai wirausahawan tidak terlalu mengikat sehingga mereka bisa sambil mengawasi anak.‎ Selain karena ingin tetap mengurus keluarga, wanita kerap terjun dalam dunia dagang demi mengisi waktu luang ketika memutuskan berhenti bekerja.

Hal serupa juga pernah dilakukan oleh Nuniek Tirta Ardianto. Blogger dan mentor start up tersebut bahkan pernah mengalami stress ketika cuti di kehamilan pertama. Nuniek bercerita jika hal itu terjadi karena dirinya tiba-tiba tak produktif. Agar kondisi tersebut tidak terulang saat mengandung anak kedua, ia pun membuat situs hamilcantik.

Usaha tersebut berawal ketika Nuniek sering membeli baju hamil dari luar negeri yang membuat banyak temannya ingin menitip. Dari situlah, ia memiliki ide untuk membuat sebuah online shop busana calon mama. E-commerce yang merupakan start up busana hamil pertama itu pun sempat sukses. Sayangnya, Nuniek tidak meneruskan usaha karena kehilangan minat. Mengapa bisa?

"‎Membangun bisnis dengan passion tidak menjadi mudah karena passion seseorang bisa berubah. Passion itu berevolusi. Waktu itu saya menggebu di awal karena senang belanjanya terus dijual dapat uang. Lama kelamaan bosan," ujar Nuniek ketika diwawancara Wolipop beberapa waktu lalu.

‎Lalu jika tidak dengan passion atau minat, harus berlandaskan apakah sebuah bisnis? Nuniek menyarankan jika orang-orang ingin jadi wirausahawan untuk memikirkan cara mengeksekusi bisnis tersebut dengan baik. Termasuk dalam mencari siapa yang akan meneruskan usaha ketika sang owner sudah tidak terlalu bersemangat.

Selain untuk melanjutkan 'perjuangan', pekerja itu harus bisa memberikan kemudahan. Misalnya jika Anda kurang berpengalaman dalam bidang yang digeluti, ada baiknya mempekerjakan staff yang sudah ahli. Dengan begitu Anda tak perlu menyediakan banyak waktu untuk mengajarinya terlalu detail. Tempatkan pula satu orang kepercayaan untuk mengawasi jalannya usaha. Hal tersebut dibutuhkan agar Anda tidak was-was atau terlalu repot meminta laporan ketika sedang tidak ditempat.

Menjadi ibu rumah tangga yang memutuskan untuk membuka usaha memang tidak mudah. Anda butuh disiplin dalam mengatur waktu serta tempat agar tidak mudah diganggu oleh anak-anak. Nuniek menyarankan agar Anda menyediakan sebuah tempat dan memberi pengertian kepada buah hati supaya tak menggangu ibunya.

"Saya ada ruangan tersendiri. Kalau saya sudah pakai earphone anak-anak sudah tahu kalau mommy-nya tidak bisa diganggu kecuali ada hal yang sangat mendesak." kata Nuniek di akhir perbincangan.

(ami/als)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.45  

0 komentar:

Poskan Komentar