“Enam Langkah Mudah Memulai Usaha dari Nol”

Senin, 23 Maret 2015

“Enam Langkah Mudah Memulai Usaha dari Nol”


Enam Langkah Mudah Memulai Usaha dari Nol

Posted: 22 Mar 2015 04:35 PM PDT

JAKARTA - Memulai sebuah bisnis dari nol adalah sebuah proses layaknya membangun fondasi. Bahkan Richard Branson, Oprah, Bill Gates dan Warren Buffett pun juga memulai usahanya dari nol.

Untuk tahap awal memang rencana tidak selalu berjalan dengan sempurna. Namun situasi itu bisa disempurnakan seiring berjalannya waktu, dengan kekuatan semangat memulai usaha, visi dan misi menciptakan bisnis yang ideal.

Berikut ini enam langkah memulai usaha seperti dikutip dari entrepreneur.com,

1. Riset Pasar

Mengetahui siapa pangsa pasar dari produk Anda merupakan hal mendasar. Namun perlu diperlengkap lagi dengan mengetahui kompetitor. Dalami pangsa pasar dan kekuatan serta kelebihan kontributor. Pelajarilah semuanya.

2. Tetapkan Tujuan Keuangan

Tetapkanlah rencana dan target dalam enam bulan ke depan. Setelah itu, evaluasilah kinerja dalam kurun waktu tersebut. Cari tahu apa yang perlu Anda lakukan setiap hari untuk bisa mencapai target.

 

3. Jika Anda membuat website, pastikan shareable

Pastikan website Anda mudah untuk dishare. Sehingga bisa menjadi referensi pasar. Apalagi jika Anda sedang mengembangkan merek baru. Penting untuk membuat konten yang unik. Jika konten Anda menarik, pelanggan akan kembali ke website Anda.

4. Buat Daftar

Membuat daftar email atau nomor kontak adalah salah satu cara penting dalam membangun bisnis. Pastikan mereka mendapatkan informasi mengenai produk di website yang Anda kembangkan. Kenalkan pelanggan dengan produk dan berikan servis yang bernilai

5. Segera launching produk

Pada poin dua telah tertera tujuan dan rencana keuangan. Setelah produk diluncurkan, hadapilah kondisi pasar dan bangunlah jaringan yang baik dengan pelanggan. Jika ada kendala segera atasi.

6. Mulai Sekarang

Banyak orang membuang-buang waktu untuk berpikir mencapai kesempurnaan sebelum mereka memulai bisnis. Biasanya berkutat hal detail seperti design logo, membangun website, dan merencanakan semuanya. Jangan terlalu lama. Jualah produk Anda sekarang juga, jika memungkinkan tawarkan pre-order.

Fokuslah pada penjualan dan bagaimana menarik pelanggan. Asal tahu saja, perusahaan sukses kerap meluncurkan produk kapan saja dan mereka tidak sempurna. Kesempurnaan bisa diciptakan sambil berjalan. Lihatlah Facebook yang kerap melakukan perubahan dan perbaikan. Mulailah dengan produk yang kecil dan selalu menyempurnakannya.

Yang paling penting adalah nikmatilah proses dan Anda tidak harus membuatnya sempurna di awal. Mulailah berusaha, jika tidak sekarang, lalu kapan?

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.20  

0 komentar:

Poskan Komentar