“USAHA UNGGULAN Koperasi Di Jambi Siap Hadapi MEA 2015 - Bisnis Indonesia”

Minggu, 22 Februari 2015

“USAHA UNGGULAN Koperasi Di Jambi Siap Hadapi MEA 2015 - Bisnis Indonesia”


USAHA UNGGULAN Koperasi Di Jambi Siap Hadapi MEA 2015 - Bisnis Indonesia

Posted: 21 Feb 2015 11:20 PM PST

Bisnis.com, JAMBI - Usaha unggulan koperasi di Provinsi Jambi siap menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, kata Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi Provinsi Jambi, Lanjariyanto, Minggu (22/2/2015).

Dikatakannya, dalam menghadapi MEA, Kementerian Koperasi telah mempunyai program pengembangan usaha koperasi, salah satunya adalah penataan kelembagaan koperasi yang mempunyai usaha unggulan yang tersebar di Kabupaten/kota dalam provinsi ini.

"Koperasi yang punya usaha unggulan sudah siap menghadapi MEA dan bersaing secara global, jadi peran Dinas Koperasi melaksanakan pembinaan semaksimal mungkin kepada kelembagaan usaha," kata Lanjar.

Koperasi di Jambi yang mempunyai usaha unggulan di antaranya Koperasi Kajang Lako di Kota Jambi dengan usaha Batik Jambi, Koperasi Sembilan di Kabupaten Merangin dengan usaha beras dan Koperasi Wanita Dodol Kentang Kayo dengan usaha Dodol Kentang.

Dinas Koperasi Provinsi Jambi sendiri, katanya, juga menyusun program dalam rangka peningkatan SDM pelaku usaha, salah satunya melatih pengurus dan pengelola, khususnya koperasi yang sudah mempunyai usaha unggulan.

jika koperasi di Jambi tidak mampu mempersiapkan diri dalam dunia usaha, tentu saja ke depan akan ketinggalan. Untuk itu peran kabupaten diharapkan berjalan seiring dengan pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Provinsi.

"Kita sudah ada program peningkatan SDM setiap tahunnya, salah satunya melalui bimbingan tekhnis. Itu kami lakukan secara intensif. Tapi peran kabupaten tentu juga diperlukan salah satunya memantau perkembangan dan menampung keluhan," ujarnya.

Disinggung usaha unggulan koperasi yang dihasilkan masih skala lokal, Lanjar tetap optimis usaha lokal mampu bersaing dan memiliki nilai jual tinggi di pasar ASEAN.

"Mau tidak mau koperasi harus siap menghadapi MEA, kita tetap yakin bahwa kita mampu bersaing," katanya.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.49  

0 komentar:

Poskan Komentar