“Berwirausaha Bareng Teman agar Kuliah Lancar”

Selasa, 24 Februari 2015

“Berwirausaha Bareng Teman agar Kuliah Lancar”


Berwirausaha Bareng Teman agar Kuliah Lancar

Posted: 23 Feb 2015 09:14 PM PST

JAKARTA - Kegiatan berwirausaha dapat membantu mahasiswa menyiapkan diri dalam menghadapi masa depan. Namun ketika memutuskan berkuliah sambil menjalankan usaha, dapatkah mahasiswa menjalani dua kewajibannya dengan baik?

Triknya adalah kerjasama tim. Menurut Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM), Hilwa Anwar, akan lebih baik jika mahasiswa dapat menjalani kegiatan usaha secara berkelompok. Dengan begitu, mahasiswa bisa tetap berkonsentrasi kuliah meski sibuk berwirausaha.

"Kalau ada keperluan dengan waktu yang bentrok, kan jadi bisa ditangani sama teman. Jadi, lebih baik berkelompok biar bisa bagi waktu," ujar Hilwa ketika berbincang dengan Okezone, beberapa waktu lalu.

Ia menilai mahasiswa yang kuliah sambil menjalankan usaha seorang diri biasanya akan bermasalah dengan waktu kuliah. Nah, membuat usaha dengan teman lain bisa menjadi salah salah satu jalan keluar agar mahasiswa bisa tetap konsentrasi dengan kuliahnya.

"Prioritas utama mahasiswa itu kuliah. Jadi, waktu yang diatur harus bisa disesuaikan dengan kuliah mereka," jelasnya.

Hilwa sendiri sangat mendukung mahasiswa yang aktif di luar jam kuliah, seperti menjalankan usaha sampingan saat waktu kosong. Dia berharap, dengan berwirausaha sejak kuliah, para mahasiswa tidak perlu lagi kebingungan mencari pekerjaan saat lulus kuliah nanti.

"Selain kuliah, mereka diharapkan punya pengalaman lain sebagai mahasiswa. Semoga nantinya mereka bisa punya lapangan pekerjaan sendiri," tutur Hilwa.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.29  

0 komentar:

Poskan Komentar