“Bingung Jualan Teh Botol? Ini 'Jurus' Agar Laris”

Rabu, 07 Januari 2015

“Bingung Jualan Teh Botol? Ini 'Jurus' Agar Laris”


Bingung Jualan Teh Botol? Ini 'Jurus' Agar Laris

Posted: 06 Jan 2015 11:52 PM PST

Klinik UKM

Iim Rusyamsi, S.T.

Pakar Usaha Kecil Menengah
Chairman UKMSukses.com
Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap Pengembangan Kewirausahaan dan Usaha Menengah
KADIN Indonesia Bidang UMKM dan Koperasi

Iim Rusyamsi - detikfinance

Rabu, 07/01/2015 13:53 WIB

//images.detik.com/content/2015/01/07/1340/140008_iimrusyamsiprofile.jpg
Jakarta -Saya Aries Normansyah umur 39 tahun. Saya mempunyai usaha kecil yaitu produksi teh botol. Usaha saya sudah berjalan 1 tahun dan pemasarannya baru di warung dan outlet di wilayah tempat tinggal saya.

Bagaimana caranya agar penjualan bisa dikenal luas seperti halnya teh botol yang sudah ada di pasaran. Terus terang usaha saya terkendala di pemasaran, mohon petunjuknya.

Terima Kasih

Dear Pak Aries,

Selamat atas telah membuka usaha teh botol dalam 1 tahun ini. Salah satu bisnis yang sangat mencerahkan adalah bisnis minuman.
Kegiatan pemasaran adalah sangat penting agar usaha kita dikenal oleh masyarakat luas.

Berikut ini tips saya untuk membantu kegiatan pemasaran Anda:

  • Bentuklah tim SDM khusus untuk pemasaran, tim ini yang akan membuat dan menjalankan kegiatan pemasaran, berikan intensif/bonus yang menarik kepada tim tersebut.
  • Berikan pelatihan kepada mereka sesuai dengan visi dan misi usaha Anda serta strategi dan perencanaan pemasaran yang sudah Anda susun. Jelaskan tentang produk Anda sehingga mereka akan percaya diri untuk memasarkannya.
  • Susunlah apa saja kelebihan, keunggulan dan keunikan dari produk Anda dibandingkan dengan produk yang sudah ada. Sehingga pelanggan mempunyai alasan untuk membeli produk Anda. Misalnya: dari sisi mutu, proses pembuatan, komposisi bahan baku, manfaat untuk kesehatan dan lainnya.
  • Bangunlah jalur distribusi di beberapa wilayah sekitar. Tawarkan konsep keagenan/distibutor kepada agen-agen minuman yang sudah ada. Mereka mempunyai jaringan pelanggan grosir yang sudah besar.
  • Berikan harga dan paket khusus dan metode pembayaran yang menarik. Intensif menarik untuk para agen akan merangsang mereka untuk lebih giat menawarkan produk Anda.
  • Kerjasama dengan beberapa kantin perkantoran, sekolah, rumah sakit, mall dan food court. Jajaki juga kerjasama dengan gedung-gedung pertemuan, temui para event organizer atau rekanan catering agar produk Anda bisa masuk sebagai produk pendukung.
  • Aktif dan dukung kegiatan-kegiatan acara/event dengan menjadi sponsor. Sponsor acara tidak selalu harus memberikan dana sponsor. Anda bisa menawarkan kepada panitia, produk gratis untuk panitia dengan barter stand khusus minuman. Atau produk Anda dititipjualkan kepada panitia, dengan sistem bagi hasil, sehingga panitia bisa mendapatkan keuntungan dari produk Anda dan logo produk Anda bisa ditampilkan di media-media promosi panitia.
  • Lakukan kerjasama dengan restoran-restoran yang cukup ramai pengunjungnya. Sehingga produk Anda bisa masuk ke menu mereka. Dan logo produk Anda bisa terlihat oleh pelanggan di dinding restoran maupun di meja-meja.
  • Untuk pengembangannya lagi berikan inovasi teh botol Anda, inovasi kemasan dalam bentuk lain (gelas, kotak, ukuran yang lebih besar, varian rasa dan lainnya).
  • Tawarkan kepada warung-warung, untuk pinjaman box pendingin, atau lemari pendingin dengan memberikan target penjualan atau minimum pembelian.
  • Pasanglah iklan Anda di media lokal dengan menyesuaikan anggaran pemasaran Anda. Seringlah membuat juga siaran pers tentang produk Anda sehingga dimuat oleh media-media. Siaran pers bisa berisi berita tentang kegiatan acara/event yang Anda dukung.
  • Aktif di media sosial : web, facebook, twitter, instagram dan lainnya agar produk Anda lebih cepat dikenal.
  • Perbanyaklah strategi/program pemasaran yang bisa mendatangkan referral (pelanggan mereferensikan produk Anda) seperti member get member dan lainnya.

Demikian tips dari saya, selamat mencoba tips-tips tersebut. Semoga sukses.

Artikel ini dijawab oleh Tim UKMSukses.com

(hen/hen)


3

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.42  

0 komentar:

Poskan Komentar