“Peternak Kambing Etawa Mati Suri karena Tak Solid Lagi - Detikcom”

Sabtu, 15 November 2014

“Peternak Kambing Etawa Mati Suri karena Tak Solid Lagi - Detikcom”


Peternak Kambing Etawa Mati Suri karena Tak Solid Lagi - Detikcom

Posted: 14 Nov 2014 11:18 PM PST

Sabtu, 15/11/2014 12:54 WIB

Irvan Fauzi - detikNews
File: detikcom
Tulungagung - Kelompok peternak etawa di Tulungagung pernah menguasai agribisnis kambing Peranakan Etawa (PE), sejatinya sudah menjalankan strategi bisnis mulai dari sektor hulu sampai hilir. Di sektor hulu, kelompok ini senantiasa membudidayakan kambing PE. Sementara di sektor hilir pengolahan hasil dan pemasaran pun sudah dilakukan.

Berbagai jenis usaha dijalankan kelompok peternak etawa 'Sangkler Group'. Seperti pengolahan konsentrat kam­bing, pupuk organik 'Jeat' (Jaya Karena Etawa). Namun rupanya usaha yang dilakukan tak mampu bertahan lama.

Suyanto, salah seorang tokoh kelompok mengatakan, kegagalan mempertahankan Desa Etawa itu dikarenakan banyaknya masalah yang terjadi antar kelompok yang dulu terkenal solid.

"Kami itu jadi jujugan (tempat untuk didatangi) tamu untuk melakukan studi banding. Namun karena program-program makin tidak jelas, sehingga kelompok kami mati suri. Anggota kocar-kacir," kata Suyanto saat di kandangnya kepada detikcom, Sabtu (15/11/2014).

Banyak dari pihaknya, kata Suyanto, untuk bangkit lagi. Namun rupanya itu sulit sekali dengan kondisi saat ini.


Ikuti berbagai berita menarik hari ini di program "Reportase Sore" TRANS TV yang tayang Senin sampai Jumat pukul 15.30 WIB

(fat/fat)


Foto Video Terkait


This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.07  

0 komentar:

Poskan Komentar