“Bagaimana Memilih Partner Kerjasama Usaha yang Paling Tepat Untuk Bisnis Anda”

Selasa, 04 November 2014

“Bagaimana Memilih Partner Kerjasama Usaha yang Paling Tepat Untuk Bisnis Anda”


Bagaimana Memilih Partner Kerjasama Usaha yang Paling Tepat Untuk Bisnis Anda

Posted: 03 Nov 2014 11:07 PM PST

Memilih Partner Untuk Kerjasama Usaha Memang Berat. Apabila Salah Pilih, Bisa-Bisa Bisnis Anda Layu Sebelum Berkembang.

Menjalankan bisnis itu tidak pernah semudah yang kita bayangkan. Maka, tidak ada salahnya untuk membagi beban Anda dengan orang lain. Itulah fungsinya memiliki partner untuk kerjasama usaha Anda. Seorang co-founder relatif akan membuat pekerjaan Anda jadi lebih mudah. Jika Anda memilihnya dengan benar. Nah, kriteria apa saja yang Anda butuhkan ketika mencari partner bisnis yang benar?

Dia harus mampu memotivasi Anda

Ketika bisnis Anda sedang drop, maka partner Anda akan jadi moral support nomor satu Anda Lagipula, tidak semua orang bisa menjalankan bisnis secara stabil. Performa Anda kadang ada di puncak, namun suatu saat bisa jatuh di palung terdalam. Anda butuh seseorang yang mampu memotivasi dan menjaga performa Anda tetap berada di posisi puncak. Pacar, atau istri mungkin memahami kondisi Anda. Akan tetapi mereka mungkin tidak memahami kondisi bisnis Anda, karena mereka tidak terjun langsung di dalamnya. Maka, seorang partner yang langsung terjun di bisnis Anda bisa lebih memahami tentang kondisi bisnis Anda, sehingga mereka mungkin bisa menawarkan solusi yang bermanfaat dan dapat dieksekusi.

memilih partner usaha Bagaimana Memilih Partner Kerjasama Usaha yang Paling Tepat Untuk Bisnis Anda studentpreneur entrepreneur startupBagaimana Memilih Partner Kerjasama Usaha yang Paling Tepat Untuk Bisnis Anda [Studentpreneur]

Melengkapi kekurangan Anda

Ada terlalu banyak hal yang akan Anda urus, ada terlalu banyak keahlian yang harus Anda kuasai. Terimalah, Anda tidak akan bisa menguasai dan mengerjakan semuanya. Maka, partner Anda harus bisa melengkapi kekurangan Anda, menguasai bidang yang tidak mampu Anda kuasai, dan menyelesaikan pekerjaan yang tidak bisa Anda tangani dengan cepat. Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda. Mungkin Anda cocok untuk penjualan dan ide kreatif. Tapi Anda lemah di manajemen dan perencanaan. Maka partner Anda harus memiliki kemampuan analitis dan administratif. Pikirkan tentang kekuatan dan kelemahan Anda, kemudian gunakan sebagai panduan untuk menemukan partner yang paling pas untuk Anda. Menemukan partner yang tepat akan mendukung dan melengkapi Anda menuju pencapaian yang lebih besar.

Memberikan perspektif yang berbeda

Anda akan menghadapi banyak sekali masalah. Anda perlu berpikir jernih untuk menyelesaikannya satu per satu. Akan tetapi, kadang berpikir jernih saja tidak cukup. Manusia adalah makhluk yang kompleks. Dan seringkali hanya bisa melihat sebuah masalah dari satu dimensi. Maka, Anda senantiasa perlu pertimbangan kedua, yang datangnya bukan dari diri Anda. Dan Anda tentu tidak bisa mempercayai semua orang. Pertimbangan ini pun datangnya harus berasal dari orang yang Anda percayai.

Sumber modal kedua

Anda tentu membutuhkan uang untuk menjalankan bisnis. Maka, pertimbangan lain yang mungkin Anda butuhkan ketika mencari seorang partner adalah modal. Ketika Anda benar-benar membutuhkan suntikan sumber modal baru untuk bisnis Anda, maka, Anda bisa mencari seorang partner yang bersedia patungan ke dalam bisnis Anda. Akan tetapi, sebutuh apapun Anda terhadap modal, Anda tetap saja harus mempertimbangkan dari segi kecocokan. Anda tentu tidak ingin terjebak ke dalam bisnis yang mendapat campur tangan dari orang yang tidak Anda sukai.

Sebagai perpanjangan tangan untuk jangkauan yang lebih luas

Anda mungkin juga perlu mempertimbangkan domisili partner Anda. Punya partner yang satu lokasi dengan Anda bisa jadi sebuah keuntungan bagi Anda, sebab Anda bisa brainstorming setiap saat. Akan tetapi, berada di lokasi yang berbeda bisa juga jadi keuntungan yang besar. Sebab Anda memiliki perpanjangan tangan untuk mengurus area yang benar-benar jauh dari jangkauan Anda. Anda juga tetap bisa sewaktu-waktu mengadakan rapat melalui Google Hangout atau Skype.

Nah Sobat Studentpreneur, ada banyak alasan untuk mencari partner kerjasama usaha. Yang Anda perlukan adalah menganalisa kebutuhan Anda untuk menemukan partner yang paling tepat. Apabila Anda tidak menemukan alasan itu, dan merasa bahwa bisnis Anda bisa dijalankan sendiri, maka Anda boleh saja menjalankan bisnis Anda sendiri. Semua pilihan, ada di tangan Anda. Jadi, apakah Anda butuh partner bisnis?

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Ayrshire]

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Pemimpin Raksasa Media Indonesia Ternyata Mantan Remaja Nakal

Anda Bisa Memulai Bisnis Dengan Modal Hanya 1 Juta Rupiah

Kriukk… Meraup Untung Besar Dari Bisnis Kerupuk

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.15  

0 komentar:

Poskan Komentar