“Triwulan III, Laba Bersih Mitra Pinasthika Turun Tipis 2,9 Persen - KOMPAS.com”

Selasa, 28 Oktober 2014

“Triwulan III, Laba Bersih Mitra Pinasthika Turun Tipis 2,9 Persen - KOMPAS.com”


Triwulan III, Laba Bersih Mitra Pinasthika Turun Tipis 2,9 Persen - KOMPAS.com

Posted: 28 Oct 2014 12:58 AM PDT


JAKARTA, KOMPAS.com
- Laba bersih PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) turun tipis sebesar 2,9 persen pada akhir kuartal III-2014 menjadi Rp 399 miliar jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Di sisi lain, pertumbuhan pendapatan sebesar 16,5 persen menjadi Rp 12 triliun dan laba kotor sebesar 14,3 persen menjadi Rp 1,7 triliun jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2013.

Perseroan menyatakan, pertumbuhan ekonomi yang melambat, likuiditas yang cukup ketat, serta defisit transaksi berjalan yang masih lebar berdampak terhadap kinerja perseroan. Faktor-faktor ini berdampak pada perkembangan dunia usaha di berbagai sektor, termasuk perusahaan-perusahaan yang sedang gencar berekspansi dan menggenjot pertumbuhan seperti.

"Menghadapi tantangan tersebut, kami berfokus melakukan hal-hal fundamental dan melakukan pendekatan lebih konservatif di seluruh lini bisnis kami," kata Koji Shima, Direktur Utama MPMX, dalam siaran pers (28/10/2014).

Selama periode Januari – September 2014, sejumlah anak perusahaan MPMX berhasil meraih pertumbuhan bisnis di atas industri.

Di segmen bisnis distribusi dan ritel kendaraan roda dua, MPMX melalui anak usahanya PT Mitra Pinasthika Mulia (Mulia), berhasil mencatat penjualan motor Honda sebanyak 732.000 unit, naik 8 persen jika dibandingkan periode sama 2013. Sementara itu, industri roda dua hanya mencatat pertumbuhan penjualan 4,6 persen.

Pada bisnis distribusi dan ritel kendaraan roda empat menunjukkan perkembangan yang positif. Melalui MPMAuto, sepanjang tahun 2014 ini, MPMX telah membuka tiga diler penjualan mobil Nissan-Datsun yang berlokasi di Tanjung Priok, Pluit Jakarta Utara, serta di Cilacap, Jawa Tengah.

Untuk bisnis consumer auto parts, melalui PT Federal Karyatama (FKT), MPMX mencatat kenaikan pendapatan 8 persen menjadi Rp 1,2 triliun dengan memproduksi 47,4 juta liter pelumas Federal Oil. Prestasi tersebut telah menempatkan posisi Federal Oil naik dari posisi ke-4 ke posisi ke-2 dalam Indonesian Customer Satisfaction Award 2014.

Di segmen bisnis penyewaan kendaraan bermotor, melalui anak usahanya MPMRent, telah memiliki jumlah armada hingga 16.100 unit sampai dengan September 2014. Hal ini memperkuat posisi MPMRent sebagai salah satu pemain utama di bisnis jasa rental kendaraan.

Terakhir, segmen bisnis jasa finansial. Anak usaha MPMX di sektor asuransi, yaitu MPMInsurance berhasil meraih pertumbuhan premi hingga 79 persen menjadi Rp 99 miliar, sementara laba bersihnya melonjak 340 persen menjadi sebesar Rp 12 miliar.

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.21  

0 komentar:

Poskan Komentar