“Survei BI: Triwulan III, Kegiatan Dunia Usaha Tumbuh Melambat - VIVA.co.id”

Jumat, 10 Oktober 2014

“Survei BI: Triwulan III, Kegiatan Dunia Usaha Tumbuh Melambat - VIVA.co.id”


Survei BI: Triwulan III, Kegiatan Dunia Usaha Tumbuh Melambat - VIVA.co.id

Posted: 10 Oct 2014 12:27 AM PDT

VIVAnews - Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU), pada triwulan III tahun ini mengindikasikan kegiatan usaha pada periode tersebut melambat dibanding triwulan sebelumnya, maupun periode yang sama tahun lalu.

Hal itu tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) sebesar 11,25 persen, lebih rendah dari SBT triwulan sebelumnya sebesar 25 persen dan triwulan III 2013.

Dikutip VIVAnews dari dokumen survei tersebut, Jumat 10 Oktober 2014 mengungkapkan, tumbuhnya usaha di triwulan III, lebih didominasi karena adanya peningkatan permintaan dalam rangka Idul Fitri.

Survei tersebut menunjukan, hampir semua sektor mengalami peningkatan, kecuali sektor pertambangan dan penggalian yang mengalami kontraksi SBT sebesar minus 3,30 persen.

Sementara itu, pertumbuhan sektor usaha tertinggi terjadi pada sektor perdagangan, perhotelan dan restoran dengan peningkatan SBT sebesar 4,02 persen. Diikuti olleh sektor keuangan, real estate dan jasa perusahaan sebesar 3,29 persen.

Pada triwulan IV 2014, kegiatan usaha diperkirakan dapat tumbuh lebih kuat, sebagaimana tercemin dalam proyeksi pencaaian SBT kegiatan usaha sebesar 26,28 persen.

Sektor industri pengolahan dan sektor perdagangan, hotel dan restoran yang diperkirakan menyumbang peningkatan terbsar dengan SBT masing-masing 6,08 persen dan 4,62 persen.

SKDU merupakan survei triwulanan yang diaksanakan Bank Indonesia sejak triwulan I 1993. Pada triwulan III-2014, jumlah responden SKDU mencapai 2.868 perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia, yang dipilih secara purposive sampling. (adi)

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.43  

0 komentar:

Poskan Komentar