“Lagi, Krakatau Bangun Pabrik Baja Bersama Jepang - Tempo.co”

Selasa, 09 September 2014

“Lagi, Krakatau Bangun Pabrik Baja Bersama Jepang - Tempo.co”


Lagi, Krakatau Bangun Pabrik Baja Bersama Jepang - Tempo.co

Posted: 08 Sep 2014 10:13 PM PDT

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - PT Krakatau Steel (persero) Tbk kembali menjalin kerja sama dengan perusahaan asal Jepang. Setelah menggandeng Sumitomo, Krakatau kini membangun pabrik dan anak usaha baru bersama Osaka Steel Co Ltd. Pabrik baru ini menelan investasi senilai US$ 220 juta atau sekitar Rp 2,6 triliun. (Baca: Krakatau Steel Patungan dengan Sumitomo)

Pabrik tersebut dikelola oleh perusahaan patungan bernama PT Krakatau Osaka Steel (KOS). Keterangan di situs perseroan menyebutkan perjanjian definitif pembentukan perusahaan patungan ini ditandatangani Presiden Direktur Krakatau Steel Irvan Kamal Hakim bersama Presiden Direktur Osaka Steel Junji Uchida di Jakarta, Selasa, 2 September 2014. Perjanjian ini berlaku secara efektif pada Jumat, 5 September 2014.

KOS diinisiasi pada Desember 2012 untuk memproduksi dan memasarkan produk baja profil, baja tulangan, dan flat bar di Indonesia. Sejak itu, Osaka Steel dan Krakatau Steel terus mendiskusikan detail perjanjian (term and condition) yang menguntungkan kedua pihak. (Baca: Industri Baja Keluhkan Bahan Baku)

Sekretaris Perusahaan Krakatau Steel Iip A. Budiman menuturkan kerja sama patungan ini didasari keyakinan bahwa pasar baja di Indonesia bakal terus tumbuh dalam jangka menengah dan panjang. "Tujuan dari usaha patungan ini adalah untuk memenuhi permintaan produk baja, terutama pada proyek-proyek konstruksi," ujar Iip. (Baca juga: Bangun Pabrik Baja, Cina Minta Disediakan Lahan)

Pabrik KOS berlokasi di Kawasan Industri Krakatau Cilegon dan menempati lahan seluas 21,6 hektare. Modal yang disetor untuk perusahaan patungan ini mencapai US$ 70 juta. Osaka Steel menguasai 80 persen saham, sedangkan Krakatau hanya memiliki 20 persennya. Pabrik KOS dijadwalkan mulai beroperasi pada 2016, dengan target penjualan 500 ribu ton per tahun. Pabrik ini akan menyerap tenaga kerja sekitar 170 orang.

Bagi Osaka Steel, KOS merupakan ekspansi bisnis luar negeri pertama dan salah satu inti dari rencana pengembangan konsolidasi jangka menengah. KOS juga menjadi upaya Osaka Steel untuk memperkuat pasarnya di Indonesia. (Baca juga: Kiat Produsen Baja Hadapi Kenaikan Harga BBM)

FERY FIRMANSYAH

Berita Terpopuler
UU Pilkada Sah, Koalisi Prabowo Borong 31 Gubernur
Temui Mega, Risma Tak Bersedia Jadi Menteri Jokowi
Begini Peta Kekuatan Jokowi-Prabowo di DPR

This entry passed through the Full-Text RSS service - if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.12  

0 komentar:

Poskan Komentar