“Profesor Jepang Teliti Usaha Syariah di Jateng - Suara Merdeka CyberNews”

Minggu, 31 Agustus 2014

“Profesor Jepang Teliti Usaha Syariah di Jateng - Suara Merdeka CyberNews”


Profesor Jepang Teliti Usaha Syariah di Jateng - Suara Merdeka CyberNews

Posted: 30 Aug 2014 09:37 PM PDT

KARANGANYAR, suaramerdeka.com – Profesor Satomi Ohgata PhD, seorang pakar ekonomi dari Kyusu University Jepang, meneliti geliat usaha syariah di Jateng khususnya di Solo Raya, dan Indonesia pada umumnya. Dia tertarik pada perkembangan bisnis syariah yang lebih menekankan pada ketentuan Islam.

Saat "kulonuwun" kepada Bupati Karangayar Juliyatmono di rumah dinas Bupati, dia mengatakan akan memulai penelitiannya pada September ini, dan dia meminta izin karena sebagian lokasi penelitiannya ada di Karangayar dan Solo Raya pada khususnya.

"Kebetulan pula saya ini teman Pak Bupati Juliyatmono saat sama-sama belajar agama di Pondok Pesantren Hj Nuriyah Sobron di UMS beberapa tahun lalu. Jadi sekalian saya ingin bertemu karena teman saya sudah jadi Bupati," kata Prof Satomi kepada Suara Merdeka.

Satomi memang sudah memeluk Islam sejak beberapa tahun lalu, dan kemudian memilih memperdalam ilmu keislamannya di ponpes milik Muhammadiyah tersebut. Dia tertarik perkembangan bisnis syariah yang ternyata berkembang sangat pesat di Solo Raya dan Jateng khususnya.

Karena itu bersama Nursyahid MA, juga seorang pengajar di Ponpes Sobron yang lulusan Jepang, dia datang ke Indonesia untuk meneliti seberapa pengaruh syariah itu dalam berbagai bisnis yang dikembangkan di wilayah ini.

Menurutnya, label syariah memang menjadi salah satu daya tarik khususnya bagi kalangan muslim yang menjadi mayoritas di Indonesia. Dengan adanya label itu, kalangan muslim menjadi semakin percaya bahwa yang dia peroleh dari lembaga syariah itu halal secara agama.

"Nah geliat bisnis syariah inilah yang akan dikupas secara mendalam oleh Prof Satomi yang kebetulan memang ahli di bidang ekonomi. Sangat mungkin bisnis syariah ini akan semakin berkembang dan menjadi dominan serta menjadi tulang puggung ekonomi Indonesia.

( Joko Dwi Hastanto / CN31 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.12  

0 komentar:

Poskan Komentar