“Peran BUMN dalam Proyek Infrastruktur Ditingkatkan - Tempo.co”

Jumat, 15 Agustus 2014

“Peran BUMN dalam Proyek Infrastruktur Ditingkatkan - Tempo.co”


Peran BUMN dalam Proyek Infrastruktur Ditingkatkan - Tempo.co

Posted: 15 Aug 2014 01:16 AM PDT

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memastikan bahwa peran BUMN dalam proyek masterpPlan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI)--khususnya dalam sektor infrastruktur--akan lebih besar. Alasannya adalah keterbatasan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Dahlan memprediksi BUMN akan semakin banyak diandalkan karena kemampuan pendanaan yang semakin baik. Selain itu, BUMN juga memiliki perusahaan-perusahaan besar di bidang infrastruktur. "Tinggal fleksibilitas bagaimana cara menunjuk dan menugaskannya," katanya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat 15 Agustus 2014. (Baca: Jalan Tol Bengkulu-Sumatra Selatan Segera Dibangun)

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengklaim realisasi master plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI) sebagai pencapaian yang cukup membanggakan pada masa pemerintahannya. Sejak dicanangkan tahun 2011, MP3EI telah merealisasikan lebih dari 382 proyek yang terdiri dari 208 proyek infrastruktur dan 174 sektor riil dengan nilai Rp 854 triliun. (Baca: Hatta Ingatkan Penggantinya Lanjutkan MP3EI)

Menurut SBY, untuk membuat Indonesia lebih maju pada abad 21, pembangunan seharusnya memang tak hanya berpusat di Jakarta. Alasannya semua daerah dan provinsi sebenarnya memiliki potensi dan dapat dibangun bersama secara produktif. Beberapa bukti lain yang menurutnya patut dibanggakan, misalnya pertumbuhan ekonomi Makassar yang lebih tinggi dari Cina, serta angka kemiskinan Banyuwangi yang mampu dipangkas dari 20 menjadi 9 persen dalam waktu tiga tahun. (Baca: Janji Dua Kandidat Presiden Soal Infrastruktur)


Walaupun begitu, SBY mengakui bahwa masih banyak tantangan dalam bidang infrastruktur di masa mendatang. Misalnya berhentinya proyek infrastruktur karena alasan politik, birokrasi atau logistik. "Dengan MP3EI kita berharap akan lebih banyak lagi muncul pusat-pusat pertumbuhan ekonomi."

FAIZ NASHRILLAH

Berita terpopuler:
Dahlan Iskan: Ignasius Jonan Cocok Jadi Dirut PLN
Chatib: Siapa Pun Presidennya, Naikkan Harga BBM
Dahlan Iskan: Dirut PLN Minta Segera Diganti

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.52  

0 komentar:

Poskan Komentar