“Omzet SPBU di Jalan Tol Turun Rp 200 Juta per Hari - Tempo.co”

Sabtu, 09 Agustus 2014

“Omzet SPBU di Jalan Tol Turun Rp 200 Juta per Hari - Tempo.co”


Omzet SPBU di Jalan Tol Turun Rp 200 Juta per Hari - Tempo.co

Posted: 08 Aug 2014 11:39 PM PDT

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Juan Tarigan mengatakan, melalui perhitungan organisasinya, pendapatan stasiun pengisian bahan bakar umum di rest area jalur jalan tol hilang sekitar Rp 100-200 juta per hari karena larangan menjual Premuim bersubsidi wilayah itu.

"Itu hanya perhitungan sementara, belum tahu yang sebenarnya seperti apa," ujarnya saat dihubungi, Jumat, 8 Agustus 2014.

Juan mengaku belum melakukan pertemuan dan evaluasi dengan para pemilik SPBU di rest area jalur jalan tol setelah adanya kebijakan pembatasan bahan bakar minyak bersubsidi tersebut. "Kami akan evaluasi sekitar seminggu lagi," tuturnya. (Baca: Sepi Pembeli, SPBU Akan Kurangi Karyawan)

Juan menyebut langkah-langkah yang akan ditempuh para pemilik SPBU rest area bila mengalami kerugian yang cukup signifikan, di antaranya, adalah rasionalisasi pegawai. Selain itu, langkah lainnya adalah pengurangan jam operasional 24 jam. "Untuk apa buka tengah malam bila tidak ada yang isi bensin," tuturnya.

Membuka SPBU 24 jam, kata Juan, hanya akan akan menambah beban biaya operasional, seperti pembayaran listrik dan gaji pegawai. Meski begitu, menurut dia, penyewa lapak toko akan tetap buka. (Baca: Belum Ada Antrean Pembeli di SPBU Yogyakarta)

Menurut Juan, sejauh ini, pengusaha SPBU rest area baru memikirkan opsi-opsi tersebut untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Dia mengatakan, pada 12 atau 13 Agustus, para pemilik SPBU rest area akan mengumpulkan data-data penjualan mereka pasca-pembatasan BBM. Setelah terlihat hasilnya, Juan menuturkan baru akan ditentukan langkah mana yang akan dipakai.

Berdasarkan data Hiswana, total SPBU rest area yang berada di jalur jalan tol berjumlah 29 titik di seluruh Indonesia. Jumlah itu terdiri atas 27 SPBU di Jawa Barat dan dua SPBU di Jawa Timur. (Baca: BPH Migas Sepakat Subsidi BBM Dicabut)

HERMAWAN SETYANTO

Baca juga:
Kisah Pocong di Foto Syahrini Saat Umrah
5 Gugatan Prabowo yang Dipertanyakan Hakim MK
Orang Kaya Baru Indonesia Tersebar di Pedalaman
Merasa Kecewa, Pendukung Prabowo Pindah Dukungan

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.35  

0 komentar:

Poskan Komentar