“Bakpia Produksi Sleman tak Minder Bersaing”

Minggu, 03 Agustus 2014

“Bakpia Produksi Sleman tak Minder Bersaing”


Bakpia Produksi Sleman tak Minder Bersaing

Posted: 03 Aug 2014 01:03 AM PDT

image

MENGOLAH ADONAN: Sejumlah pekerja mengolah adonan bakpia di lokasi produksi Dusun Jethakan, Desa Pendowoharjo, Sleman. (suaramerdeka.com/ Amelia Hapsari)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Usaha pembuatan bakpia tidak hanya digeluti warga Kota Jogja, yang dikenal dengan Kampung Pathuk sebagai pusat produksi. Warga luar Jogja juga banyak yang mencoba peruntungan di bisnis itu.

Salah satunya bakpia "Aufa Wijaya" produksi warga Dusun Jethakan, Desa Pendowoharjo, Sleman.

Usaha skala rumah tangga ini adalah milik pasangan suami-istri, Susianto dan Titik. Mereka membuka bisnis ini sejak 2,5 tahun silam.

Meski lokasinya jauh dari sentra bakpia Pathuk, tapi perkembangannya cukup bagus.

Menurut pengelola, Akbar Daru Kurniawan (27), penjualan bakpia di tempatnya rata-rata 80-100 kardus per hari.

"Selain bakpia isi kacang hijau, kami juga menyediakan beberapa rasa seperti stroberi, coklat, melon, durian, dan keju. Tapi yang paling diminati konsumen tetap rasa original," katanya, Minggu (3/8).

Bakpia produksi tempat ini dipatok dengan harga bermacam. Bakpia kering isi kacang hijau dan aneka rasa dijual seharga Rp 17 ribu per kardus isi 20 biji. Sedangkan harga bakpia keju basah Rp 26 ribu.

Meski bersaing dengan banyak merek terkenal, mereka mengaku tidak minder. Menurut Akbar, bakpia hasil produksinya memiliki kekhasan pada tekstur isi yang lebih lembut dan kulit yang renyah.

Respon pasar terhadap produk ini pun cukup positif. Dengan dibantu tujuh orang pekerja, mereka rutin membuat bakpia setiap hari. 

"Kami berproduksi setiap hari, tidak hanya berdasar pesanan. Per harinya, produksi rata-rata 100 sampai 150 kardus," ujarnya.

Langkah awal pemasaran mereka mulai dengan masuk ke lingkungan perkantoran dan sekolah. Setelah perkembangannya diamati baik, mereka membuka outlet yang lokasinya jadi satu dengan tempat produksi di Dusun Jethakan.

( Amelia Hapsari / CN33 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.13  

0 komentar:

Poskan Komentar