“Semen Indonesia Bentuk Anak Usaha Bidang TI - BeritaSatu”

Rabu, 18 Juni 2014

“Semen Indonesia Bentuk Anak Usaha Bidang TI - BeritaSatu”


Semen Indonesia Bentuk Anak Usaha Bidang TI - BeritaSatu

Posted: 18 Jun 2014 01:36 AM PDT

Jakarta - Berkembangnya sektor teknologi informasi (TI) secara pesat membuat PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) melirik sektor ini. Bahkan, perusahaan BUMN semen ini pun, Rabu (18/6), meresmikan anak usaha baru di bidang TI dengan nama PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) yang diresmikan oleh Dirut Semen Indonesia Dwi Soetjipto di Jakarta.

Dalam menyukseskan usaha barunya ini, SMGR terus melakukan kajian dalam menganalisis perkembangan dan peluang industri yang ada. Salah satu pengembangan yang telah melewati berbagai kajiannya itu adalah industri information and communication technology (ICT).

"Tim ICT Semen Indonesia Group memiliki reputasi yang sangat baik dalam penyediaan dan pengelolaan layanan ICT, baik bagi internal Semen Indonesia Group maupun bagi perusahaan di luar Semen Indonesia group, bahkan di luar negeri. Tim ICT Semen Indonesia Group mampu menyatukan platform TI yang sebelumnya berbeda-beda di PT Semen Gresik, PT Semen Padang, dan PT Semen Tonasa menjadi satu platform TI yang terintegrasi, sehingga operasional perusahaan menjadi lebih efisien dan cepat. Atas pencapaian tersebut, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memperoleh penghargaan sebagai perusahaan TOP ITS 2014 pada ajang TOP IT dan Telco Award 2014"," ujar Dwi.

Bahkan, keberhasilan Tim ICT Semen Indonesia Group mengimplementasikan SAP di Thang Long Cement Vietnam hanya dalam waktu enam bulan di tengah kendala bahasa dan budaya menunjukkan kemampuan yang tinggi dan adaptasi lingkungan yang baik. Keberhasilan implementasi SAP tersebut menjadikan Thang Long Cement Vietnam sebagai perusahaan pertama yang berhasil melakukannya, dan saat ini menjadi benchmark dari berbagai perusahaan di Vietnam.

PT SISI sebagai penyedia jasa outsourcing ICT, memosisikan diri sebagai one stop solution provider, di mana seluruh kebutuhan layanan ICT meliputi operational support, business solution delivery, hingga tata kelola ICT, dapat disediakan oleh PT SISI sebagai paket-paket layanan yang sesuai dengan kebutuhan customer. Saat ini PT SISI dipimpin direktur utama, Toddy Siburian dan direktur Subiyanto.

"Target omzet yang ditetapkan dalam waktu 3-5 tahun adalah sebesar Rp 300 miliar. Untuk mencapai target tersebut PT SISI akan fokus pada Semen Indonesia Group sebagai customer base, serta mengembangkan pasar utama untuk perusahaan kelas menengah-atas dan BUMN. Upaya yang dilakukan adalah membangun partnership, baik partner vertikal maupun partner horizontal untuk menghasilkan layanan yang fokus kepada kebutuhan customer, efisien, dan cepat" kata Dwi.

Dwi menuturkan, pembentukan PT SISI merupakan upaya perusahaan untuk memaksimalkan daya saing yang dimiliki seiring dengan pertumbuhan bisnis perusahaan yang saat ini sudah menjadi perusahaan dengan kapasitas terbesar di ASEAN. Pertumbuhan tersebut membutuhkan dukungan TI yang handal agar mampu mendukung proses bisnis diberbagai aspek, mulai produksi, supply chain, pemasaran, keuangan dan aspek lainnya. \

"Perusahaan menyadari bahwa TI tidak lagi menjadi fungsi support saja, tetapi sudah menjadi fungsi utama untuk menjalankan bisnis perusahaan. Daya saing perusahaan salah satunya ditentukan oleh kemampuan perusahaan mengimplementasikan TI dalam proses bisnisnya," tambahnya.

Sebagai penjelasan, PT SISI didirikan pada 9 Juni 2014, dengan komposisi saham 85 persen sebagai penyertaan langsung PT Semen Indonesia dan 15 persen sebagai penyertaan tidak langsung melalui anak usaha PT Semen Gresik, PT Semen Padang, dan PT Semen Tonasa masing-masing 5 persen.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 03.19  

0 komentar:

Poskan Komentar