“Selama 10 Tahun Bank di Indonesia Tak Diakui di Asean - Tribunnews”

Kamis, 12 Juni 2014

“Selama 10 Tahun Bank di Indonesia Tak Diakui di Asean - Tribunnews”


Selama 10 Tahun Bank di Indonesia Tak Diakui di Asean - Tribunnews

Posted: 12 Jun 2014 01:22 AM PDT

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung mengungkapkan selama dua dekade Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin, perbankan di Indonesia tak dianggap oleh negara Asean lainnya.

"Bank terbesar kita seperti Bank Mandiri tak masuk 10 besar bank di Asean," ungkap Chairul di Kementerian Koordinator Perekonomian, Kamis (12/6/2014).

Karena itu dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), perbankan Indonesia tidak diajak dalam membentuk sistem kebijakan. Jika hal ini terjadi, perbankan Indonesia hanya akan menurut kebijakan dari 10 bank terbesar di Asean.

"Kita tidak terlibat proses pembentukan kebijakan," ujar Chairul.

Chairul juga menjelaskan bahwa dibutuhkan dua bank besar di Indonesia untuk dipersatukan. Salah satu caranya waktu itu adalah melakukan merger Bank Tabungan Negara (BTN) dengan Bank Mandiri. Namun hal tersebut tidak dilanjutkan karena usaha bisnis BTN dengan Mandiri berbeda.

"Karena merger bank BUMN harus nya dilakukan kita tidak memiliki ukuran perbankan yang kuat untuk Masyarakat Ekonomi Asean" papar Chairul.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.57  

0 komentar:

Poskan Komentar