“Mahasiswa yang Mau Berbisnis Wajib Baca Ini”

Selasa, 03 Juni 2014

“Mahasiswa yang Mau Berbisnis Wajib Baca Ini”


Mahasiswa yang Mau Berbisnis Wajib Baca Ini

Posted: 02 Jun 2014 08:31 PM PDT

Klinik UKM

Iim Rusyamsi, S.T.

Pakar Usaha Kecil Menengah
Chairman UKMSukses.com
Founder Komunitas TDA
Wakil Ketua Komtap Pengembangan Kewirausahaan dan Usaha Menengah
KADIN Indonesia Bidang UMKM dan Koperasi

Iim Rusyamsi - detikfinance

Selasa, 03/06/2014 10:02 WIB

Jakarta -Saya Dian mahasiswa salah satu sekolah tinggi di Bandung, Jawa Barat. Mau tanya Pak, saya kan ingin mencoba bisnis, namun masih bingung mau berbisnis apa?

Pilihannya banyak, tapi hampir sudah ada yang berbisnis itu, misalnya bisnis pulsa, berjualan makanan. Nah menurut bapak, kira-kira bisnis yang cocok untuk mahasiswa apa ya pak?

Terima Kasih

Dian

di Bandung

Jawaban:

Seorang mahasiswa sudah mempunyai pemikiran untuk berbisnis adalah langkah awal yang luar biasa. Semoga nanti akan lebih banyak lagi sarjana yang dapat memberikan lapangan pekerjaan melalui bisnis yang mereka bangun sejak masih kuliah. Dan saat ini banyak contoh sukses di negara kita, mahasiswa yang berhasil membangun bisnisnya sejak kuliah.

Berikut ini masukan dari saya untuk seorang mahasiswa yang ingin memulai bisnis dan menemukan ide bisnis yang sesuai:

  • Peluang bisnis itu yang terdekat adalah dari hobi yang Anda minati dan cintai. Banyak orang meninggalkan hobinya, hanya sekedar untuk bekerja kepada orang lain. Padahal hobinya dapat mendatangkan pendapatan/income yang lebih banyak. Lihatlah potensi diri Anda, apa hobi yang saat ini Anda sedang jalankan dan cintai. Sebagai contoh, jika hobi Anda adalah hobi memasak maka potensi bisnis Anda adalah di bidang kuliner. Pelajari hingga jadi ahli dalam bidang tersebut sehingga Anda akan membuka bisnis pertama Anda dari hobi Anda tersebut.
  • Bisnis itu harus mempunyai inovasi dan kreativitas. Sebagai mahasiswa Anda dapat melihat kebutuhan masyarakat di sekeliling Anda. Apa kebutuhan mereka yang bisa Anda jadikan ide bisnis Anda dengan memberikan inovasi dan kreativitas dari produk yang ada sebelumnya. Buatlah produk yang mempunyai keungggulan, nilai tambah dan keunikan dari produk sejenis yang sudah ada.
  • Aktiflah di berbagai kegiatan kampus, sehingga akan ada peluang bisnis yang Anda bisa tawarkan untuk kegiatan kampus tersebut. Misalnya ada kebutuhan kaos seragam panitia, Anda bisa tawarkan pembuatan kaos tersebut. Dengan mempunyai pengalaman dari kegiatan ini, Anda akan dapat mengenal seluk beluk bisnis kaos sehingga Anda bisa membuat produk kaos untuk dijual secara umum. Dan akan banyak peluang/ide bisnis lainnya dari kegiatan di kampus.
  • Ikutlah beberapa organisasi di kampus, dengan mengikuti organisasi tersebut Anda akan mempunyai kesempatan belajar mengelola organisasi dan belajar kepemimpinan serta mengasah ide-ide cemerlang Anda. Sehingga pengalaman di organisasi tersebut dapat anda terapkan nanti di perusahaan yang akan Anda kelola dan pimpin. Dan dengan pengalaman di organisasi itu pun akan banyak ide-ide bisnis baru yang akan Anda ciptakan.
  • Anda juga bisa memulai bisnis Anda di tengah waktu luang Anda dalam berkuliah, misal saja berbisnis secara online, menjadi guru private, menghimpun teman-teman kuliah yang bisa Anda kumpulkan dalam satu lembaga kursus/bimbingan belajar yang Anda ciptakan, membuat produk kuliner yang dapat dititipkan di kantin kampus, menawarkan jasa sesuai dengan kemampuan dan bidang kuliah Anda, membuat apllikasi dan masih banyak contoh lainnya.
  • Belajarlah dari para mahasiswa yang sudah berhasil menjadi pebisnis. Pelajari perjalanan bisnis mereka dari buku-buku, majalah, internet, forum dan jika perlu temui mereka agar anda termotivasi dengan inspirasi yang diberikan mereka.
  • Tetaplah untuk menyelesaikan kuliah Anda walaupun anda sudah memulai bisnis Anda yang sesuai dengan harapan Anda. Ilmu dan keberhasilan Anda di bangku kuliah akan membantu banyak dalam mengembangkan bisnis Anda kelak.

Demikian masukan dari saya dan semoga Anda berhasil dalam akademi dan bisnis Anda... Amin. (hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



3

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.50  

0 komentar:

Poskan Komentar