“PT PNM Targetkan Bantuan UMKM Rp 3,7 Triliun - Pikiran Rakyat”

Minggu, 04 Mei 2014

“PT PNM Targetkan Bantuan UMKM Rp 3,7 Triliun - Pikiran Rakyat”


PT PNM Targetkan Bantuan UMKM Rp 3,7 Triliun - Pikiran Rakyat

Posted: 04 May 2014 12:27 AM PDT

YUSUF ADJI/"PRLM"

YUSUF ADJI/"PRLM"

SEKDA Subang Abdurakhman (pakai batik) bersama Arief Mulyadi, Exsekutif Vice President PT PNM (persero) (mengenakan iket) dan jajarannya meninjau dan mencicipi makanan olahan khas Subang, seperti papais Cisaat, seusai membuka acara festival UKM dengan menggelar pasar rakyat bertema "Kampung ULaMM" di Lapangan Bintang Subang, Minggu (4/5/2014).*

SUBANG, (PRLM).- Penyaluran dana pembiayaan untuk membantu modal Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)di Indonesia yang digulirkan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) tahun 2014 ditargetkan bisa mencapai Rp 3,7 triliun. Khusus di Kabupaten Subang hingga April 2014, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 44,7 miliar kepada 1.017 pelaku UMKM.

"Tahun ini memang target penyaluran dikurangi, jadi kenaikannya tak terlalu tinggi karena tahun politik. 2014 ini ditargetkan pembiayaan yang disalurkan Rp 3,7 triliun, kalau tahun 2013 lalu dana yang disalurkan mencapai Rp 3,2 triliun," kata Arief Mulyadi, Exsekutif Vice President PT PNM (persero) di sela-sela acara festival UMKM dengan menggelar pasar rakyat bertema "Kampung ULaMM" di Lapangan Bintang Subang, Minggu (4/5/2014). Kegiatan pasar rakyat tersebut dibuka oleh Sekda Subang Abdurakhman.

Pada kesempatan itu, Arief mengungkapkan potensi ekonomi di Subang cukup menjanjikan sehingga masuk dalam radar bisnis pembiayaan mikro PNM. Hingga kini sudah ada lima gerai ULaMM di klaster Subang, dan masuk dalam kendali operasional PNM Cabang Cirebon. Hingga April 2014 telah disalurkan pembiayaan sebesar Rp 44,7 miliar kepada 1.017 pelaku UMKM.

Dikatakan Arief, PNM memfasilitasi komunikasi dan kerjasama dagang 500 pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Subang dengan menggelar pasar rakyat "Kampung Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM)". Kegiatan ini, menawarkan keragaman produk nasabah binaan PNM, mulai makanan, produk olahan, kerajinan tangan hingga pakaian.

"Kami harap kegiatan ini bisa membangkitkan semangat wirausaha masyarakat. Kegiatan ini menjadi bagian program pengembangan kapasitas usaha (PKU) yang diprakarsai PNM sebagai inisiatif nasional membantu pelaku UKM. Program PKU tujuannya menghilangkan hambatan dalam membangun bisnis UMKM," katanya.

Dijelaskan Arief, sejak berdiri PNM tahun 1999 lalu, hingga saat ini pembiayaan yang sudah disalurkan mencapai Rp 17 triliun kepada 1,4 juta pelaku UMKM. Sumber dana dihimpun dengan mencari sendiri seperti melalui Obligasi, bank, dan reksadana. 100 persen dana itu dihimpunnya dari Jakarta.

Arief mengungkapkan, saat ini masih banyak pelaku UMKM yang menjalankan usahanya hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup dan sekolah anak, tidak mengembangkan usaha. Oleh karena itu PNM berupaya merubahnya dengan memberikan pelatihan dan motivasi agar mereka bisa mengembangkan usaha. "Target kami juga, UMKM tidak jalankan usaha, hanya buat bayar utang. Tapi harus ada nilai tambah bagi mereka, dan usahanya berkembang," tambahnya.

Sekda Subang Abdurakhman mengungkapkan terima kasih, PNM bisa menyentuh langsung pelaku kecil di Subang dengan memberikan dukungan modal usaha. Selain modal, paling penting pelaku usaha kecil bisa mendapatkan ilmu mengembangkan usaha, itu jauh lebih penting daripada modal. "Kalo pinjam ke bank cuma diberi modal, sedangkan PNM bisa memberikan bimbingan sehingga mampu mendongkrak daya beli masyarakat. Kami apresiasi keberadaan PNM," ujarnya.

Dikatakan Sekda, meski secara kelembagaan Pemkab sudah ada dinas teknis terkait, tetapi tentunya masih banyak kekurangan. Oleh karena itu hadirnya PNM banyak membantu, ini juga relevan dengan cita-cita Subang yang dituangkan dalam Gapura emas (gerakan pembangunan rakyat, ekonomi masyarakat).

Sementara Budhi Setiawan, Pemimpin PNM Cabang Cirebon mengatakan pameran produk UMKM ini bertujuan mendekatkan mereka dengan masyarakat. Kampung ULaMM merupakan ekspo hasil pemberdayaan UMKM oleh PNM sekaligus etalase produk UMKM unggulan di Subang. "Selain modal, kami juga membekali pelaku usaha dengan ilmu pemasaran, ketrampilan berusaha, serta sikap optimis dalam membangun bisnis ke depan," katanya.(Yusuf Adji/A-147)***

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.57  

0 komentar:

Poskan Komentar