“Saran Memenangkan Kompetisi Bisnis di Dunia oleh Jack Ma”

Jumat, 04 April 2014

“Saran Memenangkan Kompetisi Bisnis di Dunia oleh Jack Ma”


Saran Memenangkan Kompetisi Bisnis di Dunia oleh Jack Ma

Posted: 04 Apr 2014 01:02 AM PDT

Kompetisi dalam dunia entrepreneur adalah sebuah hal yang pasti. Jangan menjadi seorang entrepreneur kalau tidak mau terjun dalam kompetisi. Mantan CEO General Electric Jack Welch mengatakan, "jika Anda tak mempunyai keuntungan dalam kompetisi, jangan berkompetisi." Kompetisi juga membuat para entrepreneur semakin bisa mengembangkan kemampuannya. Dengan berkompetisi, entrepreneur dapat menjadi lebih kuat.

Untuk bisa memenangkan kompetisi bisnis di dunia, ada baiknya kita memperhatikan lima saran dari Jack Ma, founder dari raksasa internet Cina Alibaba Group. Pria yang lahir dengan nama Ma Yun ini mempunyai lima hal yang harus diperhatikan dalam melakukan kompetisi di dunia bisnis.

1. Jangan berkompetisi secara agresif

Di sini, Anda pun diajak untuk lebih detail mengenali brand yang dimiliki. Anda juga harus mengenali di mana keunggulan terbesar yang dipunyai oleh produk Anda. Tak lupa, Anda juga perlu mengenali siapa kompetitor Anda dan bagaimana seorang kompetitor ideal bagi Anda? Dengan begitu, maka selanjutnya Anda bisa mengeksplorasi lebih dalam keunggulan yang dipunyai dan memanfaatkannya untuk memenangkan kompetisi bisnis.

jack-ma

2. Para kompetitor bukanlah musuh

Kompetitor bukanlah musuh. Bahkan kompetitor dalam dunia usaha bisa dijadikan rekan bisnis. Dari mereka, Anda juga bisa mempelajari banyak hal. Tak jarang, Anda juga akan membutuhkan bantuan secara langsung dari kompetitor bisnis Anda. Untuk itu, dalam berkompetisi Anda harus tetap menjaga hubungan baik dengan para kompetitor.

3. Ketika berkompetisi dengan orang lain, jangan membawa kebencian

Seperti yang dikatakan dalam poin sebelumnya, kompetitor bukanlah musuh. Oleh karena itu, jangan membawa kebencian dalam berkompetisi. Jack Ma pun menganggap bahwa membawa kebencian dalam kompetisi hanya akan membuat Anda jatuh. Terlebih kebencian juga dapat membuat pikiran Anda tidak jernih. Salah-salah, Anda akan mempunyai penilaian yang kurang tepat dan seperti yang Ma katakan, akan membuat Anda berujung pada kegagalan.

4. Kompetisi hampir sama dengan bermain catur

Seperti bermain catur, memenangkan persaingan bisnis harus dilakukan dengan pikiran yang jernih. Salah langkah dalam sebuah langkah juga bisa diperbaiki dalam langkah berikutnya. Masih seperti halnya dalam bermain catur, kompetisi dunia bisnis juga memberikan kepada semua orang untuk memperbaiki kegagalan. Kalah di ronde pertama, Anda masih bisa ikut dalam ronde selanjutnya. Dan yang terpenting, dalam bermain catur, kedua pihak yang bermain tidak pernah berkelahi.

5. Seorang pebisnis atau entrepreneur sejati tidak mempunyai seorang musuh

Seorang pebisnis yang tak mempunyai musuh dianggap Ma mampu memberikan peluang yang sangat besar. Bahkan jika seorang benar-benar memahami hal yang satu ini, maka seorang pebisnis akan bisa melihat batas dari langit. Dengan tidak mempunyai musuh, Anda akan mempunyai peluang berkolaborasi yang besar dengan pihak lain untuk bersama-sama memenangkan persaingan bisnis.

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

Baca Juga: 

Berbincang Dengan Nicholas Kurniawan – Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2013

Legenda Itu Telah Kembali, Bill Gates Kembali Aktif di Microsoft

Kunci Sukses Pebisnis Besar Dunia

Imam Baihaki

Seorang penulis yang ingin berkeliling Indonesia dan dunia.

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.24  

0 komentar:

Poskan Komentar