“Menumbuhkan Bisnis Ala Dua Pebisnis Muda Sukses Surabaya”

Jumat, 25 April 2014

“Menumbuhkan Bisnis Ala Dua Pebisnis Muda Sukses Surabaya”


Menumbuhkan Bisnis Ala Dua Pebisnis Muda Sukses Surabaya

Posted: 24 Apr 2014 10:45 PM PDT

Pada tanggal 23 April 2014 kemarin, sebagai komunitas bisnis anak muda terbesar di Indonesia, Studentpreneur menggelar Studentpreneur Hangout di Kafe Morning Breeze Surabaya. Seat was full booked. Kali ini, Studentpreneur mengangkat tema Start Small and Grow Bigger. Sesuai tema, start small, Hangout kali ini mengundang dua narasumber yang sama-sama merintis bisnis fashion mereka dari sejak kecil hingga sekarang grow bigger menjadi produk yang layak diperhitungkan di kota Surabaya. Mereka adalah Abibayu Gusti (gaekoentok.com) dan Linggra Kartika (linggrakartika.com). Meskipun sama-sama menekuni bisnis di dunia fashion, namun keduanya menggeluti market yang sama sekali berbeda, Abi dengan kaos anak muda, sedangkan Linggra dengan baju pesta untuk anak-anak, yang membuat Hangout kali ini sangat menarik untuk diikuti.

Anda harus tahu kapan untuk grow bigger.

Abi dan Linggra memulai bisnis mereka sejak kecil. Abi awalnya membangun merk baju "Gae Koen Tok" sejak masih kuliah dan hanya menjual ke teman-temannya. Sedangkan Linggra menjahit rok untuk sahabatnya dengan harga 50 ribu per jahitan. Aha moments mereka untuk grow bigger muncul berkat pertanyaan, "Kalau begini terus, kapan kayanya?"

Mereka jadi semakin termotivasi untuk meraih kesuksesan. Saat ini "Gae Koen Tok" berhasil membuka beberapa distro dan memposisikan diri sebagai merchandise khas kota Surabaya. Sedangkan baju pesta anak buatan "Linggra Kartika" berhasil menembus harga 1 juta setengah per item.

Hangout-23413

Tentu saja yang diperlukan adalah usaha.

Abi dan Linggra masing-masing memiliki strategi yang berbeda-beda untuk membesarkan usaha mereka. Abi belajar membangun intuisinya sebagai entrepreneur sambil menjalankan "Gae Koen Toek". Dari sini, Abi belajar mana-mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh entrepreneur. Sedangkan Linggra memanfaatkan kekuatan Networking yang dirintisnya berkat "iseng-iseng" menelfon tim marketing Ciputra World untuk mengajukan proposal partner dengan event Ciputra. Dari sini, semua pintu mulai terbuka untuknya. Mereka berdua setuju bahwa kesuksesan bukanlah sesuatu yang taken for granted, kesuksesan tidak datang begitu saja. Anda harus mencarinya dari nol.

Ketika berhadapan dengan kegagalan, ingat bahwa: "Your Vision is Bigger than Yourself."

Ketika membesarkan sebuah bisnis, entrepreneur pasti melalui jalan yang berliku dan penuh dengan batu-batu kerikil yang tajam. Begitu pula dengan Abi dan Linggra. Mereka tidak lepas dari masalah-masalah. Abi awalnya mendirikan "Gae Koen Tok" bersama 3 orang sahabatnya. Tetapi satu per satu harus meninggalkannya dengan alasan mereka sendiri-sendiri. Sedangkan Linggra pernah mengalami sulitnya mencari koneksi karena kompetisi yang ketat sebelum menemukan niche baju pesta anak-anak. Ketika menghadapi berbagai kesulitan-kesulitan yang seolah tidak dapat Anda atasi, Anda bisa kembali mengingat visi awal Anda ketika menjalankan bisnis. Abi ingin "Gae Koen Tok" menjadi identitas kota Surabaya, sedangkan Linggra ingin "Linggra Kartika" dikenal sebagai desainer ternama di Surabaya. Visi mereka lebih besar dari mereka. Hal inilah yang menguatkan mental mereka di tengah hantaman masalah.

Age doesn't matter. Usia bukan masalah.

Abi dan Linggra sama-sama masih berusia 20-an ketika membangun bisnis mereka. Kini 3-4 tahun berlalu, mereka boleh diperhitungkan sebagai pebisnis muda berbakat di kota Surabaya. Artinya, di usia berapapun Anda memulai bisnis, bukan menjadi soal. Yang penting adalah bagaimana meyakinkan diri Anda bahwa Anda diciptakan untuk sukses.

Nah Sobat Studentpreneur, itulah beberapa pelajaran yang dibagikan oleh Abibayu Gusti dan Linggra Kartika dalam Studentpreneur Hangout Surabaya untuk bulan April 2014. Berikutnya, kita juga ada Studentpreneur Hangout di kota Malang. Gratis. Jadi, jangan sampai ketinggalan. Terutama untuk Anda yang merupakan pebisnis muda, tidak ada salahnya bergabung dan menyapa anggota komunitas anak muda pelaku bisnis di Indonesia. Ikuti juga facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan berita-berita Studentpreneur hangout. [Photo Credit: @ivokun]

Baca Juga:

Anak Muda Terkaya di Amerika Hidup Sederhana

Pemuda Ini Dapatkan Milliaran Rupiah Dari Membuat Orang Tertawa

Dari Hobi Jadi Bisnis Beromzet Besar

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Bila menemukan komentar bermuatan menghina atau spam, berikan jempol bawah, tanda Anda tak menyukai muatan komentar itu. Komentar yang baik, berikan jempol atas.

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.04  

0 komentar:

Poskan Komentar