“Kembangkan Usaha Bisnis Laundry Skala Besar - Harian Ekonomi Neraca”

Sabtu, 12 April 2014

“Kembangkan Usaha Bisnis Laundry Skala Besar - Harian Ekonomi Neraca”


Kembangkan Usaha Bisnis Laundry Skala Besar - Harian Ekonomi Neraca

Posted: 11 Apr 2014 09:09 PM PDT

Saat ini bisnis laundry memang sedang berkembang pesat baik laundry kiloan atau laundry skala besar (corporate laundry). Tetapi, kali ini kami akan membahas bagaimana mengembangkan laundry skala besar.

Mengembangkan usaha laundry skala besar memang lebih sulit ketimbang mengembangkan bisnis laundry skala rumahan. Karena untuk skala rumahan targetnya lebih jelas dan bisa dimuali dengan cara-cara sederhana, seperti dengan menyebarkan brosur dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana untuk mengembangkan usaha laundry skala besar (corporate laundry) yang melayani hotel dan rumah sakit. Begini caranya menurut Wasono, pemilik Star Laundry yang sekaligus Ketua Asosiasi Laundry Indonesia (APLI).

Pada dasarnya mengembangkan laundry itu tidak terlalu berbeda antara laundry skala besar dengan laundry skala rumahan. Dimana pengusaha diharuskan untuk mencarai lokasi strategis sebagai tempat usaha, harga yang bersaing dengan kompetitor serta membangun sistem pemasaran yang unggul.

Bedanya, kata Wasono, untuk laundry skala besar atau yang dia sebut (corporate laundry) pemilik usaha juga harus pandai-pandai membuat proposal untuk diberikan kepada hotel dan rumah sakit. Karena maklum yang namanya rumah sakit dan hotel pasti punya birokrasi masing-masing, sehingga tak sembarang laundry yang bisa masuk ke sana.Next

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.20  

0 komentar:

Poskan Komentar