“Jejak Sukses Henry Nguyen, Pendiri McDonald's Pertama Di Vietnam - Liputan6.com”

Rabu, 16 April 2014

“Jejak Sukses Henry Nguyen, Pendiri McDonald's Pertama Di Vietnam - Liputan6.com”


Jejak Sukses Henry Nguyen, Pendiri McDonald's Pertama Di Vietnam - Liputan6.com

Posted: 16 Apr 2014 01:04 AM PDT

Liputan6.com, Ho Chi Minh - Salah satu pengusaha ulung asal Vietnam, Henry Nguyen banyak memberikan kisah berharga atas mimpinya membangun ekonomi negara. Seluruh kesuksesannya berawal kantor berukuran paling kecil nan trendi di kota Ho Chi Minh, Vietnam.

Seperti dikutip dari CNBC, Rabu (16/4/2014), keringat Nguyen setelah 10 tahun berkampanye dan berjuang mencari dana akhirnya terbayar dengan berdirinya McDonald's pertama di Vietnam pada Februari tahun ini. Petualangan wirausahanya juga banyak menorehkan prestasi.

Pada 2005, dia mengenalkan capitalisma bisnis teknologi pertama di Vietnam dan menginvestasikan dana sebesar US$ 100 juta untuk mendanai IDG Ventures di tanah kelahirannya itu.

"Saya selalu memandang Vietnam sebagai macan Asia Timur yang terakhir. Apa yang telah kami alami selama 20 tahun terakhir merupakan proses kelahiran bakat-bakat alami dan terciptanya generasi emas. Terdapat peta demografis yang sempurna di Vietnam," papar Nguyen.

Dia juga menjelaskan, para generasi muda di sana akan menarik Vietnam keluar dari kategori negara berpendapatan rendah. Nguyen sangat yakin Vietnam dapat memimpin dunia dan mimpi itu bisa terwujud.

Sejak pendiriannya, IDG Ventures telah membenamkan modalnya di 45 perusahaan dan terus berinvestasi pada empat hingga enam perusahaan dalam setahun. Sebagai direktur pelaksana, Nguyen fokus pada bisnis-bisnis yang berkembang dengan cepat di sektor pelanggan, media, dan teknologi.

Dia juga sangat yakin, bidang teknologi Vietnam memiliki lebih banyak peluang dibandingkan China atau bahkan Amerika Serikat. Menurutnya, Vietnam mampu membangun teknologi baru dan tidak sekadar mengembangkan saja.

Nguyen juga selalu berupaya memanfaatkan berbagai peluang dan koneksi pengusaha yang dikenalnya seperti saat dia mendirikan McDonald's. Bisnis restoran cepat saji ini menjadi fokus utamanya saat ini meski memang dia tetap mengerahkan tenaganya di beberapa usaha lain.

"Seorang bertanya pada saya bagaimana cara saya mendefinisikan diri sendiri. Saya bilang padanya, saya pengusaha dan investor. Itulah saya. Tentu saja McDonald's merupakan salah satu proyek terbesar dan terbaru yang saya jalani, tapi minat saya tetap membangun seluruh bisnis yang dijalani," tuturnya.

Membangun McDonald's menjadi bisnis yang sukses tentu sangat menantang meningat restoran tersebut belum memiliki pegangan lain. Pesaingnya, Burger King, KFC dan Pizza Hut yang telah lebih dulu berdiri tak lepas dari pantauannya.

Meski demikian, Nguyen tak pernah takut menjalani bisnisnya.

"Cuma karena saya bukan yang pertama, bukan berarti saya tak bisa menjadi yang terbaik. Salah satu tantangan penting yang harus ditaklukan adalah menancapkan jejak McDonald's, menentukan model bisnisnya dan mendorongnya berhasi. Ini soal pelaksanaan saja," tuturnya.

Nguyen juga merupakan CEO Good Day Hospitality, perusahaan pengelola McDonald's di Vietnam.

(Nurseffi Dwi Wahyuni)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.18  

0 komentar:

Poskan Komentar