“SMK Pancasila 1 Dilengkapi Fasilitas Bisnis Center”

Minggu, 02 Maret 2014

“SMK Pancasila 1 Dilengkapi Fasilitas Bisnis Center”


SMK Pancasila 1 Dilengkapi Fasilitas Bisnis Center

Posted: 01 Mar 2014 07:39 PM PST

image

BISNIS: Bupati Danar Rahmanto, menandatangani prasasti peresmian fasilitas pusat bisnis SMK Pancasila 1 Wonogiri. (suaramerdeka.com/Bambang Purnomo)

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jumlahnya kian bertambah banyak. Terlebih pada daerah yang mendeklarasikan sebagai kabupaten/kota vokasi. Tapi tidak banyak SMK yang sekaligus memiliki bisnis center, yang fasilitas usaha ini menyatu dengan sekolahnya.

Di Kabupaten Wonogiri, SMK Pancasila 1 yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman No 106, mampu membangun fasilitas pusat bisnis di kompleks sekolah. Upacara peresmian lauching bisnis center ini, dilakukan Bupati Wonogiri Danar Rahmanto, ditandai penandatanganan prasasti, pengguntingan untaian bunga melati dan pembukaan pintu perdana.

Acara ini, dirangkai dengan peresmian patung Bung Karno yang dibangun di pelataran pusat bisnis SMK Pancasila 1 Wonogiri. Ikut hadir memberikan sambutan, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jateng yang diwakili Sekretaris Disdik Jateng Drs Kartono MPd dan Ketua Yayasan Pendidikan Pancasila (YPP) Drs Sakiran.

Upacara launching bisnis center ini, dimeriahkan tari gambyong dan seni karawitan siswa setempat, yang menyuguhkan aneka jenis sajian gending dan tembang.

Letak pusat bisnis SMK terakreditasi A yang memiliki jumlah murid 1.456 anak ini, berada di tepi ruas jalan protokol Kota Wonogiri, yang masuk dalam zona emas pusat pelayanan jasa dan usaha niaga serta bisnis komersial. Menempati bangunan empat lantai yang pembangunannya diprogram menelan dana Rp 4,5 miliar. Dana pembangunannya berasal dari gotong royong sekolah dengan YPP, yang dirintis sejak tahun 2010.

Kepala SMK Pancasila 1 Wonogiri, Djoko Purwanto SPd MPd menyatakan, pendirian pusat bisnis sekolah ini, memiliki visi menjadi pusat bisnis yang mampu mengelola, mengembangkan dan memajukan unit-unit usaha, serta memberikan bimbingan dan pelatihan para siswa, agar mampu mandiri dan berjiwa enterpreneur.

Pendirian pusat bisnis sekolah ini, bertujuan untuk mewujudkan berdirinya laboratorium bisnis niaga yang berfungsi sebagai wahana interaksi sosial dan ekonomi bagi warga sekolah, mengantarkan tamatan supaya memiliki jiwa enterpreneurship atau jiwa kewirausahaan, yang siap mandiri dalam upaya meningkatkan fungsi pendidikan sebagai lembaga pencetak generasi produktif.

Di sisi lain, dengan pengembangan wirausaha ini, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh warga sekolah, melalui berbagai kegiatan ekonomi dan produksi.

Dalam praktiknya, pusat bisnis sekolah ini, menyediakan jasa pengelasan, permesinan dan kursus. Sekaligus juga membuat aneka produk besi teralis, tangga putar, pintu dorong, pintu lipat, kanopi, mollding dan balkon. Juga menerima pesanan pembuatan aneka produk mainan edukatif untuk anak-anak TK dan PAUD, serta aneka macam alat teknologi tepat guna seperti mesin pemutar ice cream, mesin serut tangkai sapu, mesin pengupas tempurung kelapa dan mesin parut kelapa.

Pada bagian outlet lainnya, juga dibuka toko penjualan onderdil sepeda motor dan suku cadang mobil, termasuk ban dan oli (minyak pelumas) beserta aneka ragam kelengkapannya. Juga dibuka jasa perbengkelan untuk sepeda motor maupun mobil dan menjadi agen tunggal penyalut accu, serta penjualan aneka alat tulis kantor (ATK) lengkap dengan jasa fotocopy.

( Bambang Purnomo / CN31 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.43  

0 komentar:

Poskan Komentar