“Mendag Ngaku Baru Pertama Lihat Panen Cabai - Tempo.co”

Kamis, 27 Maret 2014

“Mendag Ngaku Baru Pertama Lihat Panen Cabai - Tempo.co”


Mendag Ngaku Baru Pertama Lihat Panen Cabai - Tempo.co

Posted: 27 Mar 2014 01:19 AM PDT

Mendag Ngaku Baru Pertama Lihat Panen Cabai

Panen cabai rawit di Desa Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. TEMPO/Prima Mulia

Berita Terkait

TEMPO.CO, Boyolali - Menteri Perdagangan,Muhammad Lutfi hari ini turut mendampingi Menteri Pertanian Suswono memanen cabai di Desa Trogolele, Boyolali, Jawa Tengah. Mengenakan baju safari warna gelap, Lutfi ​ ikut turun ke lahan cabai dan diajari petani untuk memetik cabai rawit yang sudah berwarna merah.

 Di hadapan 100 petani dari kelompok-kelompok Tani di Kecamatan Selo, Lutfi mengaku baru pertama kali melihat panen cabai. "Bagi saya ini pertama kalinya kami melihat langsung bagaimana petani memanen cabai," katanya di Boyolali, Kamis, 27 Maret 2014. 

 Lutfi mengatakan, dengan terjun langsung ke lapangan ia semakin ingin mewujudkan amanah Undang-undang Perdagangan yang baru untuk memberdayakan pedagang. Sebab, dengan memberdayakan pedagang, otomatis memberi kesejahteraan pada produsen dan petani. "Saya ingin mencari cara bagaimana mendekatkan petani sebagai penyuplai dan pedagang sebagai sisi demand," ujarnya.

 Salah satu caranya, kata dia, transparansi harga yang ada di pasar sentra produksi seperti Pasar Kramat Jati, Jakarta, hingga pasar di Kalimantan dan Sumatera. "Saya berjanji pada Pak Menteri Pertanian, kami akan usahakan memberikan informasi terbaik mengenai harga di pasar kepada petani, sehingga harga tidak bisa sembarangan dimainkan." 

Menteri Suswono menyambut baik usaha Lutfi untuk mendekatkan hubungan petani dan pedagang. "Rasanya ini baru pertama kali Mentan panen cabai bersama Mendag. Mau panen bersama saja menunjukkan ada tekad dari Mendag agar kesejahteraan petani bisa meningkat," ujarnya.

AYU PRIMA SANDI

Berita Terpopuler : 

Lion Air Juara Delay : 20 Ribu Kali Selama 6 Bulan
BI: Bitcoin Bisa Jadi Alat Cuci Uang
Penerimaan Pajak Tahun Ini Merosot
Trans Studio Ekspansi ke Thailand dan India

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.39  

0 komentar:

Poskan Komentar