“Golkar Jateng Gelar Pelatihan UMKM”

Senin, 24 Februari 2014

“Golkar Jateng Gelar Pelatihan UMKM”


Golkar Jateng Gelar Pelatihan UMKM

Posted: 24 Feb 2014 01:25 AM PST

image

AYO BANGKIT: Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Tengah Iqbal Wibisono menyerahkan sertifikat kepada peserta pelatihan bertajuk Gerakan Ayo Bangkit, Senin (24/2).

MERTOYUDAN, suaramerdeka.com - DPD Partai Golkar Jawa Tengah menggelar pelatihan pengembangan kewirausahaan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayah eks Karesidenan Kedu. Pelatihan ini diikuti UMKM yang bergerak di bidang makanan, kerajinan dan jasa.

Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Tengah, Iqbal Wibisono mengatakan, pelatihan ini diikuti puluhan pelaku UMKM dari Kabupaten Magelang, Temanggung, Purworejo dan Wonosobo. Pelatihan tersebut digelar di Balai Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan selama satu hari.

"Pelatihan ini diprakarsi oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Aburizal Bakrie. Ini bagian dari Gerakan Ayo Bangkit. Peserta tidak hanya kader Golkar saja namun juga masyarakat umum," ungkap Iqbal Wibisono.

Menurut Iqbal pelatihan UMKM ini sudah digelar delapan kali di mana dua di antaranya di Kabupaten Magelang. Ia mengklaim peserta sudah mencapai 7.000 pelaku usaha kecil. Adapun materi yang disampaikan mengenai pengembangan kewirausahaan.

Yakni managemen usaha, distribusi hasil usaha, distribusi, bagaimana membangun jaringan bisnis, dan bagaimana mengatur strategi pemasarannnya. Dari pelatihan ini diharapkan pelaku UMKM mampu meningkatkan kemampuan sehingga usahanya meningkat.

Iqbal menjelaskan, tujuan Gerakan Ayo Bangkit untuk membekali sekaligus memberdayakan masyarakat dalam usaha mikro agar dapat mengelola usaha dengan dikelola secara profesional dengan managemen terapan yang terstruktur dan memiliki kompetensi. "Pelaku UMKM terbukti tidak terpengaruh krisis ekonomi karena bergerak dibidang informal, tidak seperti (pelaku usaha) yang besar-besar itu," tegas dia.

Selain pembekalan materi, bagi usaha mikro atau menengah yang tergabung juga memperoleh bantuan dana untuk pengembangan usaha mereka. Dalam perjalanan mereka, juga dilakukan pendampingan dan evaluasi. Para peserta diharapkan menyebarkan pengetahuan yang didapat kepada pelaku usaha lainnya.

( MH Habib Shaleh / CN31 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.27  

0 komentar:

Poskan Komentar