“Dunia Usaha Sambut Lutfi”

Kamis, 13 Februari 2014

“Dunia Usaha Sambut Lutfi”


Dunia Usaha Sambut Lutfi

Posted: 12 Feb 2014 12:24 PM PST

JAKARTA, suaramerdeka.com - Penunjukan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Gita Wirjawan yang maju dalam konvensi calon presiden Partai Demokrat mendapat sambutan positif dunia usaha. Mereka menilai Lutfi cukup tepat menempati pos baru itu, karena latar belakang dan pengalamannya di dunia bisnis.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia bidang Perdagangan, Distribusi dan Logistik, Natsir,  mengaku senang dengan pilihan Presiden SBY tersebut. Alasannya Muhammad Lutfi dekat dengan dunia usaha.

"Lutfi mantan pengusaha dan memahami dunia usaha," katanya di Jakarta, Rabu (12/2). Selain memiliki latar belakang sebagai pengusaha, Lutfi juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang salah satu tugasnya menggaet pengusaha masuk berinvestasi ke Indonesia.

Namun Natsir mengingatkan bahwa Lutfi memiliki beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan sepeninggal Gita Wirjawan. Bahkan masalah tersebut ada yang sudah menjadi persoalan Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam waktu lama.

"Kami harap dia (Lutfi) bisa mengeliminir masalah perdagangan yang ada karena banyak masalah 10 tahun lalu belum terselesaikan sampai sekarang dan ada masalah baru," tandasnya.

Wakil Sekjen Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Satria Hamid Ahmadi, juga mendukung keterpilihan Lutfi dan berharap Mendag yang baru dapat memberi arah positif bagi perekonomian Indonesia, utamanya pasar tradisional.

"Mendag yang baru nanti harus benar-benar turun ke lapangan, dan harus pro terhadap pasar tradisional, sehingga nantinya tidak ada dikotomi antara pedagagang tradisional dengan pedagang modern," ujarnya.

Satria meyakini tugas Lutfi tak terpengaruh dengan masa jabatannya yang tak terlalu lama. Justru dalam enam bulan, Lutfi diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perdagangan Indonesia.

"Mudah-mudahan kinerjanya mempunyai gebrakan ekonomi yang positif buat bangsa," imbuhnya.

Senada, Ketua Umum Ikatan Pedangan Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengharapkan Mendag baru mampu menyelesaikan ribuan persoalan pasar tradisional. Sosok pengganti Gita Wirjawan itu seharusnya lebih peka pada nasib 12,5 juta pedagang pasar tradisional di indonesia.

"Jujur saja kami berikan raport merah untuk mantan Mentri Perdagangan, kami berharap Mendag yang baru dapat mencatatkan tinta emas keberpihakanya untk pedagang pasar," tandasnya.

Dalam waktu singkat, Mendag pun seharusnya dapat mengevaluasi kebijakan revitalisasi, khususnya pengawasan pemerintah pusat terhadap pencegahan kebakaran pasar yang selama dua tahun disinyalir dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

( Fauzan Jayadi / CN19 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Diposkan oleh iwan di 01.16  

0 komentar:

Poskan Komentar