“"Are We AFTA Ready"? - KOMPAS.com”

Kamis, 07 November 2013

“"Are We AFTA Ready"? - KOMPAS.com”


"Are We AFTA Ready"? - KOMPAS.com

Posted: 07 Nov 2013 12:22 AM PST


KOMPAS.com — 
Pada saat ramai-ramai demo buruh minggu lalu, sebetulnya, ada rasa kepedulian terhadap mereka. Menuntut kenaikan upah itu adalah hak mereka, terlepas dipenuhi atau tidak.

Hanya, usaha untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka sepertinya tidak terliput media. Padahal, itu yang lebih dibutuhkan karena sifatnya yang lebih long lasting. Selain itu, hal tersebut pun untuk menyikapi pasar bebas tenaga kerja yang sudah di depan mata. Gerbang ketenagakerjaan kita akan dibuka seiring berlakunya ASEAN Economic Community (AEC) sebagai bagian dari ASEAN Free Trade Area (AFTA) pada 2015.

Pertanyaan yang paling relevan sekarang adalah sebagai berikut.
1. Apa yang akan berubah setelah AEC tersebut diberlakukan?
2. Apa dampaknya bagi pasar tenaga kerja kita?
3. Seberapa siap kita, baik sebagai suatu negara, pengusaha, maupun pekerja menghadapi perubahan-perubahan yang dibawa oleh AEC ini?
4. Seberapa siap kita jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya?
5. Dengan waktu yang tersisa, apa yang harus dilakukan oleh pemerintah, pengusaha, dan pihak pekerja sehingga AEC ini lebih banyak membawa manfaat dibandingkan mudaratnya?

Setahu saya, isu ini sudah sering dibahas di negara-negara lain sesama anggota ASEAN. Namun, sayangnya, di Indonesia pembahasannya masih sangat terbatas.

Apakah memang disengaja supaya tidak terlalu menimbulkan gejolak, atau karena yang akan terkena dampaknya baru mencakup beberapa sektor saja sehingga tidak perlu dibahas. Bisa juga karena pemerintahan yang sekarang toh tidak akan duduk di kursi panas pada saat AEC ini bergulir jadi buat apa pusing-pusing mikirin yang beginian.

Entahlah, yang pasti, kita, baik pengusaha maupun pekerja, harus mempersiapkan diri tanpa bergantung pada pemerintah.

Dengan bermodal semangat ini, dibentuklah suatu forum yang diharapkan menjadi "wake-up call" bagi seluruh pihak agar segera mempersiapkan diri sedini mungkin. Forum yang diberi nama CHRO Forum ini ingin memberikan informasi yang berguna dari para peserta dan penyalur umpan balik kepada penentu kebijakan, baik ditinggat negara maupun organisasi, dalam menghadapi AEC.

CHRO Forum akan mengupas tuntas status dan posisi Indonesia terkini dalam menghadapi pasar bebas ASEAN, terutama dalam kaitannya pasar bebas tenaga kerja terampil di berbagai sektor industri, jasa, dan perdagangan.

Acara ini akan memberikan kesempatan kepada para pelaku bisnis untuk bertanya langsung dan menggali ilmu kepada para pemimpin-pemimpin Indonesia yang telah mendapatkan penghargaan di bidangnya masing-masing.

Kompas Karier dan GML bekerja sama menghadirkan suatu forum diskusi interaktif dan workshop tentang kepemimpinan bagi para pelaku bisnis, khususnya para praktisi di bidang sumber daya manusia. Diskusi dan workshop CHRO Forum akan membahas isu-isu aktual dan praktikal bersama para narasumber dari sektor pemerintah, BUMN, swasta, lokal, maupun multinasional.

Untuk informasi dan pendaftaran, silakan klik http://chroforum.kompaskarier.com

(Adam Armansyah, @Ini_Adam)

Editor : Erlangga Djumena

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

Diposkan oleh iwan di 01.51  

0 komentar:

Poskan Komentar