“Palembang Ajak BUMN-BUMD Atasi Pendangkalan Musi”

Rabu, 11 September 2013

“Palembang Ajak BUMN-BUMD Atasi Pendangkalan Musi”


Palembang Ajak BUMN-BUMD Atasi Pendangkalan Musi

Posted: 11 Sep 2013 12:35 AM PDT

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengajak  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk membantu mengatasi pendangkalan Sungai Musi. Romi Herton, Wali Kota Palembang, mengatakan, BUMN dan BUMD dapat membantu melakukan pengerukan atau normalisasi pada sejumlah titik.

"Salah satunya kita menggandeng PT Pusri, karena BUMN pupuk ini menggunakan jalur transportasi Sungai Musi untuk menyuplai produksinya," katanya, Rabu (11/9).

Romi menjelaskan, rencana pengerukan akan dianggarkan pada 2014. Untuk tahap awal, Pemkot Palembang akan berkomunikasi dengan sejumlah perusahaan di Palembang, terutama yang operasinya bersentuhan langsung dengan Sungai Musi.

Pada musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) mendatang, pemkot akan mengikutsertakan sejumlah perusahaan yang selama ini menjadi stakeholder agar bersatu menyelesaikan sejumlah permasalahan di Palembang. Dalam beberapa tahun terakhir, Sungai Musi terus mengalami pendangkalan di beberapa lokasi.

Seperti di daerah Pulau Kemarau, ada titik yang kedalamannya saat ini hanya satu meter. "Ini cukup mendesak, ke depan akan ditanggulangi pemkot dibantu rekanan seperti Pusri dan Pelindo," jelasnya.

Musthofa, Direktur Utama Pusri menambahkan, pendangkalan Sungai Musi merupakan permasalahan yang harus diatasi bersama. Sepanjang pihaknya mampu, Pusri akan membantu, tapi harus ada koordinasi dengan pihak teknis terkait.

"Harus ada koordinasi melaksanakan program ini, karena tidak hanya di Palembang, pendangkalan sungai terjadi hingga ke muara sungai yang total panjangnya mencapai 60 kilometer," ujar Musthofa. (*)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends:

Diposkan oleh iwan di 01.17  

0 komentar:

Poskan Komentar