“Modal Rp60 Jt untuk Geluti Bisnis Batik Pohon”

Jumat, 09 Agustus 2013

“Modal Rp60 Jt untuk Geluti Bisnis Batik Pohon”


Modal Rp60 Jt untuk Geluti Bisnis Batik Pohon

Posted: 08 Aug 2013 10:22 PM PDT

INSPIRASI USAHA

Jum'at, 09 Agustus 2013 03:21 wib

Dani Jumadil Akhir - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone)Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Dibantu istrinya, Suroso memulai bisnis untuk mengembangkan usaha batik pohon pada tahun 2009 dengan modal sekitar Rp60 juta.

"Saya mulai tahun 2009 mulai produksinya dengan modal sekitar Rp60 juta dari jual mobil. Sebelum terjun dalam usaha batik, saya dan istri memang pengoleksi motif batik. Saya mengoleksi motif sekira 200 ratusan. Lalu dibantu istri saya yang menggambar ulang dari motif tersebut dan dikembangkan, jadi lah batik pohon ini," kata Suroso kepada Okezone belum lama ini.

Untuk bahan dasar, Suroso menjelaskan semuanya menggunakan bahan lokal seperti tenun Jepara, katun lokal, hingga bahan sutera.

"Lokal semuanya, dengan motif ada yang dibikin klasik, ada juga dari pengembangan jadi motif enggak spesifik dari daerah mana tapi batik pohon ini tentunya motif batik Indonesia," ujarnya.

Sedangkan bahan baku dari pewarnaan alami batik ini, menurut Suroso aman dan sangat mudah dicari.

"Bahan baku aman, misalnya bahan dari kulit untuk bikin bir pletok kan banyak, kayu mahoni juga saya ambil dari limbah pergergajian di Jepara. Kaya kulit relatif enggak masalah. Banyak kok. Kulit rambutannya pun bisa, akar mengkudu pun bisa. Kulit manggis bisa kan tapi itu musiman. Tapi kulit buah jalawe relatif ada," kata Suroso. ()

Berita Selengkapnya Klik di Sini

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Diposkan oleh iwan di 01.36  

0 komentar:

Poskan Komentar