“Bisnis Kendaraan Bekas Ketiban Rejeki”

Selasa, 06 Agustus 2013

“Bisnis Kendaraan Bekas Ketiban Rejeki”


Bisnis Kendaraan Bekas Ketiban Rejeki

Posted: 06 Aug 2013 12:36 AM PDT

image

PENJUAAN MOKAS MELONJAK: Sejumlah pelanggan melihat-lihat motor bekas di toko Prima Motors yang mendekati Lebaran ini penjualannya melonjak. (suaramerdeka.com/ Asef F Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com – Tidak bisa memiliki kendaraan terbaru di saat Lebaran, bukan masalah karena masih ada kendaraan bekas (second) yang bisa dibeli. Hal ini membuat bisnis motor atau mobil bekas juga turut kebanjiran rejeki, karena penjualan melonjak.

Seperti dirasakan usaha motor bekas (mokas) Prima Motors Jl Ikhlas Magelang dan usaha mobil bekas (mobkas) Auto Centro Mobilindo Jl A Yani Magelang. Keduanya turut merasakan melonjaknya permintaan kendaraan di musim Lebaran ini.

Pemilik Prima Motors, Davina mengatakan, sejak pertengahan Ramadan penjualan sudah terasa ada kenaikan. Peningkatan cukup tinggi hingga mencapai 35-40 persen dibanding hari biasanya.

"Ini sudah jadi kebiasaan tahunan, setiap akan Lebaran masyarakat selalu mencari motor baru. Meski motor bekas, tapi kesannya tetap baru sehingga konsumen tetap antusias membeli," ujarnya di kantornya, Selasa (6/8).

Dia menuturkan, jumlah penjualan tiap hari memang tidak selalu sama. Misalnya di satu lembaga pembiayaan (leasing) saja bisa menjual 14 unit sehari, tapi di hari lain bisa kurang atau lebih dari itu.

"Jumlah 14 unit itu sendiri sudah cukup tinggi karena di hari biasa tidak sampai angka tersebut. Itu baru di satu lembaga leasing, belum lembaga lainnya," katanya.

Menurutnya, pembeli paling banyak berasal dari mereka yang ada di daerah pinggiran atas. Seperti di lereng Gunung Merapi, Andong, Merbabu, dan Sumbing.

"Mereka banyak turun ke kota melalui para makelar untuk membeli motor. Selain warga asli, banyak juga perantauan yang pulang kampung dan membeli motor," tuturnya seraya menambahkan, harga naik dari biasanya dan paling banyak diburu adalah Honda Beat.

Selain motor bekas, penjualan mobil bekas (mobkas) juga turut naik. Pemilik Auto Centro Mobilindo, Tekno Wirawan mengaku, selama Ramadan khususnya mendekali Lebaran penjualan mobkas melonjak.

"Budaya masyarakat yang ingin membeli mobil baru sangat mendorong penjualan. Meski hanya bekas, tapi konsumen tetap antusias," akunya yang dibenarkan juga oleh partner usahanya, Henry Hartanto.

( Asef Amani / CN33 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Diposkan oleh iwan di 01.09  

0 komentar:

Poskan Komentar