“BI: Ekspansi Bisnis Kuartal III Meningkat - Suara Pembaruan”

Kamis, 15 Agustus 2013

“BI: Ekspansi Bisnis Kuartal III Meningkat - Suara Pembaruan”


BI: Ekspansi Bisnis Kuartal III Meningkat - Suara Pembaruan

Posted: 14 Aug 2013 10:06 PM PDT

BI: Ekspansi Bisnis Kuartal III Meningkat
Kamis, 15 Agustus 2013 | 11:01

Bank IndonesiaBank Indonesia

[JAKARTA] Bank Indonesia (BI) memperkirakan, ekspansi bisnis pada kuartal ketiga tahun ini meningkat. Peningkatan ekspansi tersebut akan mendorong peningkatan realisasi dan nilai investasi pada semester kedua tahun ini.  

Berdasarkan survey kegiatan usaha yang dilakukan Bank Indonesia, peningkatan ekspansi kegiatan usaha pada kuartal ketiga tersebut tercermin dari kenaikan saldo bersih tertimbang (SBT) sebesar 23,89%.  

"Sektor ekonomi yang diperkirakan mengalami ekspansi terbesar adalah sektor perdagangan, hotel, dan restoran yang didorong oleh musim liburan. Berikutnya, sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan, dan perikanan yang dipengaruhi oleh faktor musiman, dimana puncak musim panen komoditas perkebunan umumnya terjadi pada kuartal III," ujar BI dalam survey tersebut, Rabu (14/8).  

Pada kuartal II-2013, menurut BI, terjadi ekspansi kegiatan usaha yang lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya karena kenaikan SBT sebesar 18,62%. Rata-rata kapasitas produksi terpakai tercatat sebesar 72,62%, atau sedikit meningkat seiring adanya ekspansi usaha. Kondisi keuangan perusahaan pada kuartal kedua tersebut membaik karena akses kredit relatif lebih mudah.  

Seiring dengan peningkatan ekspansi usaha, BI menyatakan, situasi bisnis relatif membaik. BI juga memperkirakan situasi bisnis tetap kondusif hingga enam bulan mendatang. Jika dibandingkan dengan situasi bisnis pada kuartal II 2013 dengan saldo bersih 37,71%, ekspektasi situasi bisnis pada enam bulan mendatang lebih kondusif, sebagaimana tercermin pada saldo bersih sebesar 37,81%.  

"Sebanyak 40,37% responden memperkirakan situasi bisnis enam bulan ke depan lebih baik dari kondisi saat ini. Sebanyak 57,07% responden menyatakan kondisi bisnis relatif sama dengan semester sebelumnya dan sebagian kecil menyatakan situasi bisnis akan lebih buruk," kata BI.  

Seiring dengan meningkatnya ekspansi bisnis pada kuartal ketiga, penggunaan tenaga kerja diperkirakan mengalami peningkatan. Peningkatan tertinggi berasal dari sektor keuangan, real estate, dan jasa perusahaan terutama dikarenakan adanya rekruitmen tenaga kerja baru.  

Pada kuartal kedua 2013, penggunaan tenaga kerja juga mengalami peningkatan hampir di seluruh sektor ekonomi, kecuali sektor pertambanan dan penggalian, sektor industri pengolahan, dan sektor listrik, gas, dan air bersih.  

Sementara itu, tekanan harga jual pada kuartal ketiga 2013 diperkirakan terus meningkat, yang tercermin dari kenaikan nilai SBT dari 12,6% menjadi 24,6%. Tekanan harga jual tertinggi terjadi pada sektor industri pengolahan diikuti pertanian, perdagangan, serta hotel dan restoran. Kenaikan harga BBM ditenggarai telah memberikan efek tehadap perkiraan tingginya kenaikan harga jual. [ID/H-12]


Kirim Komentar Anda

Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Diposkan oleh iwan di 01.05  

0 komentar:

Poskan Komentar