“Shio Macan Api, Anda Harus Sabar dalam Berbisnis!”

Kamis, 11 Juli 2013

“Shio Macan Api, Anda Harus Sabar dalam Berbisnis!”


Shio Macan Api, Anda Harus Sabar dalam Berbisnis!

Posted: 10 Jul 2013 11:40 PM PDT

Tanya

Dear Bapak Steven. Saya Erlin dari kota Pekanbaru. Saat ini saya berusia 25 tahun dan bekerja sebagai staf di salah satu perusahaan asuransi swasta.

Yang ingin saya tanyakan, jika inginmembuka bisnis, kira-kira bisnis apa yang cocok dengan saya? Pasalnya, saya merupakan seorang pemula, dan apakah saya cocok membuka atau menjalankan bisnis atau tidak. Tanggal lahir saya 3 September 1986.

Terima kasih!

(Erlin Yusareka/Pekanbaru/erlyn_yusareka@yahoo.com)
 
Jawab:

Terima kasih atas kiriman email Ibu Erlyn! Semoga Anda selalu berada dalam kondisi sehat.

Ibu Erlyn, perkembangan zaman di era milennium menuntut kita semua sebagai rakyat Indonesia
untuk berkreasi dan melakukan inovasi menuju masa depan yang cerah.

Dalam suatu perjalanan menuju ke restoran menjelang makan siang, ada seorang kawan yang bimbang bertanya tentang ketidakcukupan keuangannya, sementara kebutuhan keluarga kian hari kian bertambah. Kebutuhan akan pengeluaran yang merupakan beban hidup dan harus menopang kebutuhan keluarga cukup besar membuat dirinya menjadi selalu gelisah dan tak enak tidur. Saking gelisahnya, wajahnya terlihat muram dan sering mengeluh bahwa ketika menerima gaji dari pekerjaan yang digeluti sekarang tidaklah cukup.

Ya, jumlah gajinya ternyata hanya bertahan 15 hari, itupun harus mengencangkan pinggang dan mengirit pengeluaran yang tak diperlukan. Dalam percakapan makan siang, terucaplah perkataannya bahwa makan enak itu kalau ada yang traktir dan yang jelas adalah, hidup dengan bekerja sebagai seorang karyawan di perusahaan telah membuat dirinya merasa bosan dan berkeinginan mengganti pekerjaan sebagai pengusaha.

Mengeluh, mengeluh dan mengeluh! Karena seberapapun naiknya gaji, maka kebutuhan hidup dan barang–barang yang menyangkut kebutuhan hidupnya juga terus melambung tinggi.

Sempat juga terucap, "Enak ya, zaman dahulu ketika perabadan belum berkembang pesat dan semua masih bisa dikejar sesuai kemampuan kerja yang ada di dalam dirinya".

Bulan puasa telah tiba. Sebagaimana sebuah tradisi ataupun preseden yang telah terjadi dari tahun ke tahun adalah naiknya sejumlah kebutuhan pokok. Kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok biasanya diakhiri setelah melewati lebaran Idul Fitri.

Eskalasi kenaikan harga telah terlihat dengan naiknya harga bawang dan cabe. Para spekulan bermain dengan keinginan meraih keuntungan lebih, karena pengaruh dari demand dan supply. Permintaan pasar melebihi pemasok pasar.

Namun, semua perihal yang terjadi tidaklah harus membuat diri kita menjadi khawatir. Mengapa demikian? Jawabannya adalah diri kita sendiri. Kekuatan dalam diri kita adalah sebuah kekuatan fundamental untuk memicu kemajuan diri sendiri. Demikian halnya dengan celah dan momentum dalam meraih kesuksesan sebagai seorang enterprenuer ataupun pengusaha. Perbanyaklah data base tentang kelayakan dalam suatu bisnis yang ingin dijalankan.

Ibu Erlyn, bisnis atau usaha selalu mempunyai masalah dan tantangan. Ada banyak sekali yang harus dipertimbangkan, namun semua bisa dilewati bila ada semangat untuk belajar.

Penelitian membuktikan bahwa seorang pebisnis juga seorang yang selalu belajar dari pengalaman hidup, bukan hanya pintar. Namun, mereka lebih cenderung memperoleh informasi yang akurat dan bergerak mengambil sebuah peluang.

Hal yang juga berkaitan dengan mendirikan usaha sering sekali dipertanyakan, terutama tentang tanah ataupun gedung untuk diubah menjadi sebuah konsep bisnis properti yang jelas dan bisa mendapatkan happy cuan.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dan merupakan acuan dikala kita mau menentukan konsep bisnis yang akan menjadi sebuah core bisnis, antara lain :

1. Sebuah bisnis yang layak dijalankan terlebih dahulu disimak dari capability ataupun kemampuan dalam diri kita sendiri. Bisnis utama yang dijalankan hendaknya disesuaikan dengan hobi dalam diri kita sendiri.

Ada sebuah pengalaman unik adalah suatu saat ketika sering bertemu dengan orang yang bekerja sampai tengah malam dimana waktunya tidur, mereka malah bekerja. Apakah ini disebut
workaholic? Yang jelas, begitu ditanya, mereka hanya menjawab bahwa ada sebuah tanggung jawab dan hobi saat melakukan pekerjaannya.

2. Kekuatan pikiran dimana bukan berapa besar modal yang harus kita miliki, namun kemampuan dalam menguasai sebuah bisnis, baik itu kemampuan membaca kelebihan maupun kelemahan suatu bisnis yang digeluti. Ada banyak orang sukses bukan karena mereka mempunyai modal besar, namun karena mereka dapat meyakinkan pemodal untuk berinvestasi sehingga dikelola oleh dirinya sendiri dengan cara membagi hasil.

Perlu diketahui bahwa investor mempunyai capital lebih. Bila bisnis yang digeluti akan menguntungkan, maka banyak investor yang mau mengeluarkan modalnya untuk berinvestasi disuatu lahan bisnis yang dibangun.

Semua pemikiran ini pada akhirnya harus bisa membentuk sebuah konsep dan proporsal seperti halnya fisibility studies terhadap suatu bidang usaha. Usaha yang hanya mengandalkan kemampuan modal sendiri akan memakan waktu yang cukup lama dan sangat berisiko besar.

3. Menjadi seorang entrepreneur yang sukses hendaknya dibarengi dengan Sumber Daya Manusia yang solid untuk bekerja sesuai profesionalisme masing–masing. Dalam membentuk struktur organisasi perusahaan, SDM yang baik dan bertanggung jawab sangat diperlukan untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh.

Banyak karyawan dan staf hanya mau menerima gaji dan menghindari tanggung jawab dengan pemikiran bahwa yang kaya adalah bosnya sendiri. Nah, SDM yang baik harus ada pembinaan dan pelatihannya.

4.Lokasi bisnis yang memadai. Dalam suatu pertemuan dengan salah satu Direksi Bank sempat terucap bahwa properti selalu dilihat dari 3L, yakni Lokaasi, lokasi dan lokasi. Lokasi suatu usaha mesti ditunjang oleh infrastruktur yang baik. Kemudahan konsumen maupun berbagai pihak mencari suatu akses bisnis adalah karena faktor terjangkaunya suatu tempat dengan tidak menghabiskan cost operational yang mahal.

Masih banyak sekali pertimbangan lain untuk membuka usaha. Namun ketiga hal tersebut diatas merupakan syarat mutlak dimana merupakan langkah awal bagi seorang yang profesionalisme disuatu di bidang bisnis untuk menjadi seorang entrepreneur.

Lalu, keuntungan apa yang bisa diraih ketika bulan puasa telah tiba? Bila disimak dengan cermat, banyak sekali peluang yang bisa diraih dalam momentum ramadhan ini.

Analisa Ilmu China dan Jawa Kuno

Ibu Erlin Yusareka lahir pada hari Rabu Pon dan Mangsa Katelu mempunyai sifat perasa, serius, pemurah, jiwa sosial yang tinggi. Walaupun sebenarnya sejak masih muda dia sudah pandai mencari uang, tetapi karena jiwa sosialnya terlalu tinggi, uangnya habis untuk menolong orang lain. Beberapa diantaranya dapat terpilih menjadi ketua atau pengurus badan atau yayasan sosial.

Dia akan merasa puas dengan keadaan itu, tetapi setelah umurnya meningkat 29 tahun dan telah menikah, maka rejekinya akan lebih baik dan keuangannya menjadi stabil, sehingga tidak kekurangan uang.

Dalam ilmu China Kuno atau Ba Zi mempunyai nilai aset yang cukup tinggi, yakni 4,7. Nilai ini cukup kuat untuk menjadi seorang pengusaha. Daya tampung aset (Nio) sangat berpengaruh terhadap kelayakan untuk menjadi seorang pengusaha dengan membangun sistem bisnis yang kuat di kemudian hari, namun perlu banyak perjuangan.

Hanya saja, walau shio Macan Api membuat daya tahan yang kuat menghadapi tantangan, akan tetapi kadang kurang sabar dalam menunggu hasil agar bisa meraih keuntungan maksimal karena adanya unsur Yang Positif berada di dalam diri Anda. Untuk itu, upayakan agar lebih sabar menghadapi segala permasalahan.

Berdasarkan grafik keberuntungan pribadi terlihat tantangan berada pada usia 36–42 tahun. Kekuatan membangun usaha yang tepat sesuai dengan keinginan hati lebih aman ketika berada diusia 43 tahun ke atas.

Semoga semua penjelasan ini memuaskan dan membantu Anda meraih kesuksesan dan mengantisipasi semua permasalahan secara bijaksana. Banyak berdoa memohon yang terbaik kepada Tuhan dan berbaktilah kepada orang tua.

Selamat berpuasa, salam Hokiplus 2013 Happy Cuan 888!

The Steven Eric Lazuardi-Konsultan HOKIPLUS/indonesiahokiplus@gmail.com

Anda ragu dengan langkah Anda ke depan terkait rencana bisnis Anda? Silahkan, kirimkan pertanyaan via email dengan dilengkapi dengan nama lengkap, tanggal, bulan, tahun dan jam lahir. Data dilengkapi dengan data kelahiran suami istri dan anak bila sudah berkeluarga. Pertanyaan yang lengkap memudahkan untuk dibahas detail.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Diposkan oleh iwan di 01.33  

0 komentar:

Poskan Komentar