“Gagasan Dahlan Iskan Supaya Usaha Berkembang - Suara Pembaruan”

Rabu, 24 Juli 2013

“Gagasan Dahlan Iskan Supaya Usaha Berkembang - Suara Pembaruan”


Gagasan Dahlan Iskan Supaya Usaha Berkembang - Suara Pembaruan

Posted: 23 Jul 2013 09:02 PM PDT

Gagasan Dahlan Iskan Supaya Usaha Berkembang
Rabu, 24 Juli 2013 | 10:52

Dahlan Iskan. [Antara]Dahlan Iskan. [Antara]

[MEDAN] Kedatangan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (Meneg BUMN) Dahlan Iskan, didampingi tokoh nasional yang juga putera terbaik asal Sumatera Utara (Sumut), TB Silalahi, dalam memberikan kuliah umum tentang bisnis dan kewirausahaan di Gedung TD Pardede Medan, disambut antusias oleh ribuan mahasiswa, alumni, pengusaha dan kalangan kewirausahaan di Medan, Rabu (24/7).

Antusiasme masyarakat, wirausahawan selain mahasiswa tersebut, yang sengaja hadir untuk memanfaatkan pemikiran dan gagasan Meneg BUMN, dalam pandangan dan strateginya membangun peluang bisnis, saat kuliah umum kewirausahaan yang digagas oleh Akademi Management Informatika Komputer (AMIK) & PABT Medicom & Alumni di TD Pardede Hall Medan.

Hadir sekitar 3.500 mahasiswa dan alumni, keluarga besar Silalahi Sabungan dan alumni Yayasan Soposurung. Kalangan mahasiswa itu merasakan memiliki kesempatan emas, sama dengan masyarakat dalam rencana membangun kewirausahawan itu, justru jarang didapatkan. Apalagi, Dahlan Iskan dikenal sebagai pejabat negara yang merakyat.

Dahlan mengaku tersanjung atas sambutan dan antusiasme masyarakat tersebut. Dia pun tidak menyangka karena dikalungkan karangan bunga. Kehadiran dia yang disambut ribuan tepuk tangan mahasiswa dan  masyarakat tersebut, dianggap sangat mengejutkan. Masyarakat sengaja datang karena merasa sangat positif dalam menerima saran dan gagasan Mantan Dirut PLN dan penguasa Jawa Pos Group tersebut.

Saat memberikan mata kuliah umum tentang kewirausahaan, Dahlan juga memberikan motivasi dan dorongan kepada seluruh peserta. Sebab, peluang untuk menjalankan bisnis dan usaha tersebut, bukan diawali dari sesuatu yang besar. Sebaliknya, setiap orang mempunyai peluang dalam membangun bisnis. Meski usaha itu dijalankan dari yang kecil namun jika digeluti secara serius bisa berkembang.

"Untuk memulai usaha itu tidak harus diawali dengan sesuatu yang besar. Usaha besar sekalipun jika tidak ditekuni bisa membuat hancur. Kemampuan dalam membangun bisnis  pun bukan karena warisan yang menurun. Jika seseorang serius dalam membuka usaha, dan memahami peluang yang ada, tentu bisa berkembang dan menghasilkan dan bisa semakin berkembang," katanya.

Bagi tokoh nasional yang juga putera terbaik asal Sumut, TB Silalahi, Dahlan Iskan merupakan pejabatan negara yang sangat visioner dan sangat tegas. Sebab, setiap berkunjung ke setiap daerah, Dahlan Iskan mempunyai visi kerakyatan, dan mengetahui kesulitan rakyat. TB Silalahi semakin mengagumi Dahlan Iskan karena diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Baginya, Dahlan rakyat biasa dari keluarga miskin yang berhasil dalam membangun usaha. Dahlan juga pemimpin yang sangat pluralis.

"Menteri BUMN sosok pemimpin yang mempunyai tanggungjawab yang besar terhadap negara.  Dia melakukan semua ini dengan tulus dan ikhlas demi membangun bangsa, utamanya dalam bidang BUMN. Banyak prestasi yang sudah dibangunnya, apalagi sebelumnya Dahlan menjabat sebagai Dirut PLN. Bahkan, mobil listrik yang menjadi bagian dari program Dahlan, tentunya sangat membantu dalam mengurangi pemakaian bahan bakar minyak," jelasnya.

TB Silalahi merupakan Penasehat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Peranannya sangat besar dalam membangun bangsa ini. Bahkan, sosok TB Silalahi juga tidak asing di dunia internasional. Sepak terjangnya juga tidak diragukan, termasuk peranannya dalam membawa bangsa ini, termasuk saat dirinya aktif sebagai petinggi Polri. TB Silalahi juga mempunyai peranan dalam membantu Presiden era Soeharto, BJ Habibie, Gusdur dan termasuk dua periode mengantarkan SBY sebagai Presiden.

Koordinator Pusat Monitoring Politik dan Hukum Indonesia (PMPHI), Gandi Parapat menyampaikan, Dahlan Iskan merupakan sosok pemimpin yang sangat diharapkan masyarakat. Dengan kemampuan yang dimiliki, dan semangat dalam mengembangkan serta memajukan BUMN, apalagi bersedia dalam berbagi pengalaman buat masyarakat, menjadi bukti bahwa Dahlan Iskan sosok yang merakyat.

"Besar harapan dari masyarakat di berbagai daerah supaya elit partai juga memberikan dukungan dan meminta  Dahlan Iskan untuk maju sebagai calon Presiden saat Pemilihan Presiden 2014 mendatang. Ini perlu dilakukan semua pihak supaya bangsa ini semakin berkembang ke depannya. Dahlan pun harus menerima dukungan yang diberikan masyarakat tersebut. Sebab, ini amanah rakyat," sebutnya.

Menurutnya, keberhasilan Dahlan dalam membangun BUMN dan jika terus berbaur dengan masyarakat, tentunya semakin memantapkan pilihan masyarakat. Sebab, masyarakat sudah pintar dalam menentukan pilihan, apalagi dalam memilih calon pemimpin bangsa yang diyakini bisa membawa kemajuan tersebut. Simpatik masyarakat terhadap Dahlan karena mau turun langsung melakukan pembenahan tanpa memikirkan jabatan. [155]


Kirim Komentar Anda

Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Diposkan oleh iwan di 01.24  

0 komentar:

Poskan Komentar