“Tips Menuju Sukses untuk Digitalpreneur - Chip Online Portal”

Rabu, 05 Juni 2013

“Tips Menuju Sukses untuk Digitalpreneur - Chip Online Portal”


Tips Menuju Sukses untuk Digitalpreneur - Chip Online Portal

Posted: 05 Jun 2013 01:23 AM PDT

CHIP.co.id - Seiring dengan perkembangan teknologi dan menjamurnya pengguna smartphone, peluang usaha atau bisnis di segmen digital akan terus kian terbuka. Mulai dari online shopping, periklanan, game, membuat sebuah aplikasi, dan lain sebagainya. Menuju bisnis yang sukses tentu tidak segampang membalik telapak tangan. Diperlukan usaha dan proses yang tak sebentar tuk meraih mimpi yang Anda impikan.

Untuk itu, bagi Anda sang digitalpreneur, tak ada salahnya melirik tips sukses dari Ades Aulia, Marketing Director International Design School (IDS) Jakarta yang juga berperan sebagai Pengelola S2 Wirausaha Kreatif IKJ - Institute Kesenian Jakarta berikut ini.

  • Pendapatan adalah yang utama

Digitalpreneur harus memikirkan cara mencari pendapatan sesegera mungkin. Kesalahan umum "Lihat saja nanti kita bisa cari pendapatan dari mana". Pendapatan bisa didapat melalui iklan, service, freemium, download software berbayar hingga membuatkan event online untuk client (brand activation).

  • Melakukan uji pasar

Digitalpreneur harus serius membuat produk yang dihasilkan untuk menguji pasar. Contohnya, bisa melakukan protitipe dalam tahap beta dan lihat respon pasar yang ada. Hal ini juga dilakukan Google ketika meluncurkan beberapa layanan yang dimiliki.

  • Mengumpulkan traffic

Trafic adalah "nyawa" dalam bisnis Anda. Traffic bisa mendatangkan penghasilan berupa iklan, sponsorship hingga pendapatan penjualan software. Salah satu jenis traffic adalah jumlah orang yang mengunduh software buatan Anda. Oleh karena itu, Anda harus jeli memilih marketplace yang sudah ramai dikunjungi atau menggunakan media sosial.

  • Memanfaatkan media sosial

Peran media sosial sangat penting. Media sosial merupakan cara efektif untuk mengiklankan sebuah bisnis secara gratis. Kuncinya, kreativitas dalam mengelola sebuah konten.

  • Membangun komunitas

Gabungkan kegiatan online dengan offline dan bangun komunitas yang loyal mempromosikan produk Anda. Marketing yang hebat adalah pemasaran dari "mulut ke mulut".

  • Utamakan layanan

Pasar dalam negri mengutamakan "high touch" yaitu layanan yang bersift personal. Untuk itu, sediakan layanan telepon 24 jam atau chat menggunakan Yahoo! Messenger.

  • Jangan terpaku pada pasar lokal, go international!

Buat produk yang targetnya tidak hanya untuk pasar Indonesia, tetapi global. Produk yang Anda buat juga bisa dipasarkan ke belahan dunia lainnya, seperti Amerika Serikat atau Jepang.
 


Editor : Insaf Albert Tarigan

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Diposkan oleh iwan di 01.43  

0 komentar:

Poskan Komentar