“Kadin: AEC 2015 Adalah Peluang - Tempo.co”

Senin, 10 Juni 2013

“Kadin: AEC 2015 Adalah Peluang - Tempo.co”


Kadin: AEC 2015 Adalah Peluang - Tempo.co

Posted: 09 Jun 2013 11:52 PM PDT

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Ketua Umum Bidang Koordinator Asosiasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Noke Kiroyan, mengatakan pemberlakuan ASEAN Economy Community (AEC) pada 2015 mendatang merupakan peluang besar. "Akan menjadi pasar potensial bagi pengusaha nasional," katanya di Menara Kadin, Jakarta, hari ini, Senin, 10 Juni 2013.

Noke menilai kesiapan dunia usaha, khususnya asosiasi bisnis, memiliki peran strategis dalam memanfaatkan peluang di pasar bebas tersebut. "Maka dari itu industri dan perdagangan Indonesia harus memiliki daya saing di sektor global," katanya.

Menurut ia, untuk dapat menguasai pasar bebas, baik ASEAN dan pasar internasional lainnya, Indonesia harus proaktif dalam bidang bisnis dan usaha. "Ini salah satu upaya untuk menumbuhkan perekonomian negara."

Sementara itu, Ketua Komite Koordinasi Himpunan dan Dewan Bisnis Kadin, Bayu Prawira Hie, produksi barang dan jasa lokal masih kurang efisien. "Sebabnya adalah infrastruktur yang kurang memadai," ujar Bayu.

Maka dari itu, Bayu melanjutkan, Kadin akan menanyakan kesiapan pemerintah untuk mendukung Kadin dalam menaikkan perekonomian Indonesia. "Khususnya manufaktur lokal dan perdagangan barang," ucapnya.

Besok, Selasa, 11 Juni 2013, Kadin akan mengadakan rapat kerja nasional (rakernas) bidang asosiasi dalam rangka menyongsong ASEAN Economy Community (AEC) 2015. "Kami juga undang pemerintah untuk menanyakan dukungan mereka," ujar dia di Menara Kadin, Jakarta, hari ini, Senin, 10 Juni 2013.

Menurut Ketua Pelaksana Rakernas, Rocky Pesik, Rakernas ini akan diadakan di Institut Pertanian Bogor Convention Center, Bogor, selama sehari. Ia menambahkan, Kadin mengundang perwakilan pemerintah, yakni dari Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian. Namun,ia menambahkan, dua menteri tersebut kemungkinan besar tidak datang. "Perwakilannya saja," ujar dia.

AMRI MAHBUB

Baca Juga:
Taufiq Kiemas dan Kacamata Budiman Sudjatmiko

Jokowi 'Diam' Melayat ke Rumah Duka Taufiq Kiemas 

Pemukul Pramugari Tidak Dikenakan UU Penerbangan

Perjalanan Politik Taufiq Kiemas

Mega Tunjuk Sulungnya Beri Sambutan untuk Kiemas

Ini Dia Anak Alay yang Ada di Dahsyat 

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: 'You Say What You Like, Because They Like What You Say' - http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/731-you-say-what-you-like-because-they-like-what-you-say.html

Diposkan oleh iwan di 01.20  

0 komentar:

Poskan Komentar