“Produk Handycraf Perempuan Indonesia Sudah Mendunia - Poskotanews”

Kamis, 09 Mei 2013

“Produk Handycraf Perempuan Indonesia Sudah Mendunia - Poskotanews”


Produk Handycraf Perempuan Indonesia Sudah Mendunia - Poskotanews

Posted: 09 May 2013 01:08 AM PDT

Kamis, 9 Mei 2013 15:06:43 WIB

Kowani Fair

JAKARTA -  Produk handycraf (kerajinan tangan) Indonesia sudah banyak yang mendunia. Dari mulai batik tulis, tas, sepatu dan produk fesyen lainnya.

Menurut Ketua Umum Kowani Dr Dewi Motik, merambahnya produk handycraf dalam negeri tak lepas dari peran pengusaha perempuan. "Sebagian besar produk kerajinan tangan itu hasil kerja perempuan," kata Dewi disela pembukaan Kowani Fair yang diikuti 140 stand UKM di Smes'co Hall.

Karena itu Dewi mengajak agar pengusaha perempuan  Indonesia terus meningkatkan inovasinya untuk menghasilkan lebih banyak produk-produk kerajinan tangan yang lebih bermutu dan berkualitas internasional. Potensi pasar dunia yang sudah terbuka lebar merupakan peluang yang sangat bagus untuk meningkatkan usaha.

Senada dengan Dewi, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan mengakui kaum perempuan berperan besar pada bisnis produk handycraf. Karena produk yang banyak dihasilkan oleh UKM tersebut memiliki karakteristik yang unik, yakni harus dikerjakan dengan telaten, ulet, dan penuh inovasi.

Data Kementerian Koperasi dan UKM, dari 50 juta pelaku usaha kecil dan menengah, lebih dari separuhnya dilakukan dan dimiliki oleh kaum perempuan. "Ini luar biasa. Perempuan ternyata memiliki andil besar dalam membangun perekonomian bangsa," papar Menteri.

Ke depan, Menteri berharap agar pengusaha perempuan lebih bisa mengoptimalkan pasar dalam negeri yang cukup besar. Dengan jumlah penduduk mencapai 245 juta, ini tentu merupakan pasar yang tidak boleh diabaikan.

"Negara lain berebut pasar kita. Karena negara Indonesia merupakan pasar terbesar ke-4 dunia. Jadi mari kita optimalkan peluang ini sebaik mungkin," lanjut Menteri.

Pada kegiatan Kowani Fair, bergabung pula stand-stand perwakilan IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia).

Menurut Ketua Umum IWAPI Nita Judi, pameran produk menjadi ajang yang strategis bagi pengusaha perempuan untuk memperluas jaringan usaha dan pemasaran. (inung/d)

foto:
Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan didampingi Ketua Umum Kowani Dewi Motik dan Meneg Perempuan dan Anak Linda Agum Gumelar saat membuka Kowani Fair 2013. (inung)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Thatcher's Tyrants - The Tanks, The Guns, The Christmas Cards.

Diposkan oleh iwan di 01.34  

0 komentar:

Poskan Komentar