“Pengusaha Cemaskan Stagnasi Bisnis Ritel Akibat Ketidakpastian ... - Jaring News”

Sabtu, 11 Mei 2013

“Pengusaha Cemaskan Stagnasi Bisnis Ritel Akibat Ketidakpastian ... - Jaring News”


Pengusaha Cemaskan Stagnasi Bisnis Ritel Akibat Ketidakpastian ... - Jaring News

Posted: 11 May 2013 12:35 AM PDT

Putri K. Wardani

Putri K. Wardani

Banyak pengusaha di daerah mengeluhkan kurang lancarnya distribusi barang karena ketidakpastian kenaikan harga BBM.

JAKARTA, Jaringnews.com - Bisnis ritel dan eceran ditengarai kini sudah menunjukkan tanda-tanda stagnasi. Ini dikarenakan turunnya omzet berbagai industri, baik makanan, minuman mau pun kosmetik.

Kuat dugaan penyebabnya adalah ketidakpastian kenaikan harga BBM dan naiknya biaya, dikarenakan penerapan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang memberatkan dunia usaha.

"Belum lama ini kami beserta sejumlah pelaku bisnis ritel diundang oleh Nielsen dalam sebuah diskusi. Sebagian besar peserta diskusi menyampaikan bisnis ritel mulai mengalami stagnasi. Ini perlu kita cek kebenarannya," kata Putri K. Wardani, Ketua II Gabungan Pengusaha Jamu (GP Jamu) yang juga Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), ketika ditemui di Jakarta, (10/5).

Putri mencatat bahwa di daerah banyak pengusaha mengeluhkan kurang lancarnya distribusi barang karena ketidakpastian kenaikan harga BBM. "Kawan-kawan di daerah sangat merasa terganggu," tutur Putri yang juga CEO Mustika Ratu.

Sementara di sisi lain, Putri juga mengingatkan kenaikan UMP di Jakarta, telah menyebabkan penurunan kesempatan kerja di wilayah itu. Ia mencatat data Badan Pusat Statistik mengatakan telah terjadi PHK terhadap 65 ribu buruh karena perusahaan melakukan perampingan akibat naiknya UMP.

Putri mengingatkan agar Pemerintah tidak terlena dengan data statistik yang menyatakan telah terjadi peningkatan penyerapan tenaga kerja. "Di Jakarta telah terjadi PHK. Kalau di tempat lain disebut terjadi penyerapan tenaga kerja, perlu dicek apakah penyerapa yang bertambah itu justru di sektor informal bukan di sektor formal," tutur Putri.

(Ben / Riz)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Thatcher's Tyrants - The Tanks, The Guns, The Christmas Cards.

Diposkan oleh iwan di 01.09  

0 komentar:

Poskan Komentar