“Pemerintah Kucurkan KUR Rp 36 Triliun Perkuat Sektor Hulu - Liputan6.com”

Sabtu, 27 April 2013

“Pemerintah Kucurkan KUR Rp 36 Triliun Perkuat Sektor Hulu - Liputan6.com”


Pemerintah Kucurkan KUR Rp 36 Triliun Perkuat Sektor Hulu - Liputan6.com

Posted: 27 Apr 2013 01:58 AM PDT

Pemerintah Kucurkan KUR Rp 36 Triliun Perkuat Sektor Hulu

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa. (Liputan6.com/Abdul Aziz Prastowo)

Liputan6.com, Jakarta : Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengaku dalam rangka menghadapi pelaksanaan masyarakat ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community) pada 2015 nanti, pemerintah telah menyiapkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 36 triliun.

Dia mengungkapkan gelontoran dana KUR ini sebagai langkah memperkuat sektor hulu seperti pertanian yang juga menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Komposisi kucuran KUR di sektor hulu mencapai 50% dari nilai KUR per tahun.

"Tahun ini kita usahakan di sektor hulu, terakhir memberikan tentu beri dukungan penuh pada sektor pertanian," kata dia saat acara Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Nasional Masyarakat Agribisnis, Sabtu (27/4/2013).

Menurut Hatta, nantinya jika ASEAN Economic 2015 terlaksana maka kawasan ASEAN akan menjadi wilayah yang terus tumbuh. Kondisi ini tentu akan menarik minat bagi investor. Sebab itu, Indonesia harus mempersiapkan diri untuk menarik investor tersebut.

Selain itu dalam rangka menghadapi globalisasi, Hatta memiliki strategi, yakni dengan mengedepankan kebijakan progresif. Maksudnya akan menyeimbangkan antara kebijakan fiskal dan moneter.

"Kita tepat mengedepankan progresive policy di mana ada keseimbangan antara kebijakan fiskal dan moneter, strong growth dan balance untuk melindungi kepentingan nasional," tutur Hatta. (Dis/Nur)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Thatcher's Tyrants - The Tanks, The Guns, The Christmas Cards.

Diposkan oleh iwan di 02.29  

0 komentar:

Poskan Komentar