“6 Tip Sebelum Melompat Jadi Pengusaha  ”

Senin, 08 April 2013

“6 Tip Sebelum Melompat Jadi Pengusaha  ”


6 Tip Sebelum Melompat Jadi Pengusaha  

Posted: 07 Apr 2013 11:45 PM PDT

TEMPO.CO, Jakarta - Menurut Ardiningtiyas Pitaloka, konsultan karier atau career coach dan konsultan sumber daya manusia dari Konsultankarir.com, berikut adalah tip apabila karyawan yang ingin keluar kerja untuk menekuni bidang wirausaha.

1. Melakukan "studi kecil" terkait dengan ide usaha ini. Misalnya, mencari informasi peluang yang ada, target konsumen/klien, termasuk bagaimana proses usaha ini akan dijalankan. Ini juga untuk "menguji" pilihan Anda.

2. Tanggung jawab finansial terhadap keluarga harus dihitung matang-matang. Buatlah daftar biaya yang harus dipenuhi tiap bulannya, seperti cicilan rumah, mobil, dan lainnya, biaya pendidikan anak, serta biaya hidup dasar lain. Cek juga kesiapan tabungan untuk mengantisipasi setidaknya satu hingga dua tahun ke depan.

3. Pertimbangkan apakah perlu segera keluar dari pekerjaan saat ini atau dapat dirintis di luar jam kerja serta memaksimalkan waktu akhir pekan.

4. Buatlah rencana bisnis dengan memanfaatkan formulir rencana bisnis yang dapat Anda unduh di berbagai website atau sumber lain, seperti buku bisnis. Ini akan sangat membantu Anda menjalankan langkah-langkah usaha secara terukur dan sistematis.

5. Tekankan pada diri Anda bahwa menjadi pengusaha memerlukan jejaring kerja yang luas, termasuk membangun kepercayaan sedini mungkin.

6. Sebaiknya Anda juga menguji coba bisnis untuk memberikan gambaran lebih nyata. Buatlah evaluasi setelah tiga atau enam bulan, sesuai dengan target yang telah Anda buat. Uji coba bisnis penting untuk memantapkan arah bisnis ke depannya, berikut pengembangannya.

IQBAL MUHTAROM

Topik Terhangat Tempo:
Penguasa Demokrat
|| Agus Martowardojo || Serangan Penjara Sleman || Harta Djoko Susilo || Nasib Anas
Baca juga:
Kolektor Pamerkan Ratusan Barang Antik di Bandung

Dua Wajah Sao Paulo

Mayoritas Warga Amerika Ingin Ganja Dilegalkan

Offroader Menguji Jalur Liar Aceh

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Jousting With Toothpicks - The Case For Challenging Corporate Journalism http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/719-jousting-with-toothpicks-the-case-for-challenging-corporate-journalism.html.

Diposkan oleh iwan di 01.25  

0 komentar:

Poskan Komentar