“SKK Migas: Pertamina Harus Tiru Petronas - Okezone”

Senin, 25 Maret 2013

“SKK Migas: Pertamina Harus Tiru Petronas - Okezone”


SKK Migas: Pertamina Harus Tiru Petronas - Okezone

Posted: 25 Mar 2013 12:50 AM PDT

JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengharapkan perusahaan migas nasional milik pemerintah PT Pertamina (Persero) perlu meniru Petronas, Malaysia. Pasalnya, Petronas tidak menyetorkan dana keuntungan bisnis kepada pemerintah.

"Pertamina kan harus kasih dividen ke pemerintah beda dengan Petronas yang justru tidak perlu beri deviden ke pemerintah," ujar Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini, di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (25/3/2013).

Rudi menjelaskan, dengan diberikannya kebebasan Petronas mengelola hasil keuntungannya. Kini, perusahaan negeri Jiran tersebut menjadi jauh lebih maju dibanding Pertamina. Karena itu, daripada hasil bisnis pengelolaan hulu migas dalam negeri oleh Pertamina diberikan keuntungannya ke negara akan jauh lebih baik potensi keuntungan untuk dikembangkan perseroan.

"Dari pada capek seperti itu, mending biar dikelola oleh Pertamina dengan niru Petronas," jelas Rudi.

Sebelumnya, Pengamat Ekonomi Energi Darmawan Prasodjo menilai ekspansi Pertamina akan terbebani keharusan setoran dividen dan pajak untuk mendukung penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Kebijakan pemerintah tersebut menurutnya membatasi usaha pengeloaan bisnis di bidang minyak dan gas (migas) Pertamina. Akibatnya perseroaan sulit berkembang dibanding perusahaan migas milik negara-negara lainnya.

"Hasil keuntungan Pertamina itu hanya terserap sebesar 10 persen. Coba bandingkan dengan Petronas milik Malaysia perusahaan itu bisa dapat 70 persen sehingga bisa meningkatkan kinerja operasi," katanya.
(gnm)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Jousting With Toothpicks - The Case For Challenging Corporate Journalism http://www.medialens.org/index.php/alerts/alert-archive/alerts-2013/719-jousting-with-toothpicks-the-case-for-challenging-corporate-journalism.html.

Diposkan oleh iwan di 01.27  

0 komentar:

Poskan Komentar