“PGN Raup Laba USD 890,89 Juta - Pos Metro Padang”

Minggu, 03 Maret 2013

“PGN Raup Laba USD 890,89 Juta - Pos Metro Padang”


PGN Raup Laba USD 890,89 Juta - Pos Metro Padang

Posted: 03 Mar 2013 01:18 AM PST

JAKARTA, METRO-PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) membukukan laba bersih periode 2012 sebesar USD 890,89 juta. Ini berarti naik sekitar 30,84 persen dari perolehan laba pada 2011 sebesar USD 680,80 juta. PGN juga mencatatkan laba usaha sebesar USD 1,02 miliar dan earning before interest, tax, depreciation, and amortization (EBITDA) USD 1,19 miliar. Peningkatan laba itu ditopang dari kenaikan pendapatan usaha perseroan sebesar USD 2,58 miliar, meningkat 16 persen dari USD 2,23 miliar di 2011.

"Pencapaian pada 2012 dan perkembangan integrasi model bisnis semakin memperkuat fundamental perseroan untuk terus melanjutkan usaha yang menghasilkan pertumbuhan yang berkelanjutan," kata Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso di Jakarta kemarin.

Pencapaian kinerja keuangan itu terutama diperoleh dari volume penjualan gas pada usaha distribusi selama 2012 yang mencapai 807 juta kaki kubik standar per hari (MMSCFD), meningkat dari 795 MMSCFD pada 2011. "Peningkatan volume penjualan itu sejalan dengan meningkatnya kemampuan pasokan PGAS yang diikuti dengan kemampuan penyerapan gas oleh pelanggan industri dan komersial," ucapnya.

Dia menyebutkan, pada 2012, pemerintah mengeluarkan kebijakan menaikkan harga gas di hulu ke tingkat harga keekonomian. Hal itu sejalan dengan kenaikan harga energi secara global dan bertujuan untuk mendorong peningkatan produksi gas di Indonesia untuk kepentingan domestik. "Kebijakan itu berdampak pada kenaikan harga beli gas rata-rata PGAS dari pemasok yang sebesar 61 persen," kata Hendi.

Menurut Hendi, sesuai dengan keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), untuk mengintegrasikan penyesuaian harga gas di sisi hulu dan hilir, PGN telah memberlakukan penyesuaian harga jual rata-rata kepada pelanggan sebesar 24 persen per juta British thermal unit (MMBTU) sejak 1 September 2012.

Peningkatan pendapatan usaha juga didukung peningkatan pendapatan dari bisnis transmisi. Pada 2012, usaha transmisi PGN dan anak Perusahaan konsolidasi, PT Transgasindo, meningkatkan pengaliran volume gas menjadi 877 MMSCFD meningkat dari 845 MMSCFD di 2011.

Volume transmisi meningkat terutama disebabkan peningkatan volume pengaliran dari lapangan Grissik melalui pipa transmisi milik PT Transgasindo dan sejak disalurkannya gas dari lapangan Grissik untuk pembangkit listrik PLN di Muara Tawar melalui pipa transmisi SSWJ milik PGN.

Sementara itu terkait dengan status perseroan sebagai perusahaan publik dengan jumlah saham beredar sebesar 43 persen maka tingkat pajak penghasilan yang diberlakukan pada perseroan untuk 2012 yakni 20 persen setelah mendapatkan konfirmasi dari Direktorat Jenderal Pajak.

"Setoran untuk seluruh jenis pajak PGN tahun buku 2012 sebesar USD 220 juta memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi nasional," tutur Hendi. (lum/jpnn)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Eyes Like Blank Discs - The Guardian's Steven Poole On George Orwell's Politics And The English Language.

Diposkan oleh iwan di 01.34  

0 komentar:

Poskan Komentar