“Suku Bunga Rendah Jadi Tugas Gubernur BI Terpilih - Liputan6.com”

Sabtu, 23 Februari 2013

“Suku Bunga Rendah Jadi Tugas Gubernur BI Terpilih - Liputan6.com”


Suku Bunga Rendah Jadi Tugas Gubernur BI Terpilih - Liputan6.com

Posted: 23 Feb 2013 01:16 AM PST

Suku Bunga Rendah Jadi Tugas Gubernur BI Terpilih
Liputan6.com, Jakarta : Tugas sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) tidaklah mudah karena terkait kebijakan moneter di Indonesia. Sebab itu proses seleksi berjalan dengan ketat, dengan skema pemerintah mengusulkan nama kemudian disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Pengamat Perbankan Achmad Iskandar mengatakan, siapa pun figur Gubernur Bank Indonesia yang terpilih harus memiliki keberpihakan terhadap suku bunga rendah.

Ini menanggapi usulan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mencalonkan Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai calon Gubernur Bank Indonesia periode 2013-2017.

"Siapa pun yang dipilih, nantinya Gubernur BI harus bisa bekerja secara maksimal, agar bisa mengupayakan bunga suku rendah, sehingga ada stimulasi perekonomian yang ada di Indonesia," jelas dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (23/2/2012).

Dia menilai saat ini, tugas BI relatif mudah karena pengawasan perbankan berpindah ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga tugasnya terfokus pada pengawasan moneter, inflasi dan suku bunga.

Lanjut Iskandar, BI harus bekerja dengan maksimal, agar bisa mengupayakan suku bunga rendah, sehingga bisa menstimulasi kegiatan perekonomian di Indonesia.

Selama ini, suku bunga di Indonesia sangat tinggi, sehingga menyulitkan masyarakat dalam mengembangkan usaha.

Saat ini saja, rasio biaya operasional perbankan di Indonesia masih terlalu tinggi. Kondisi tersebut menyebabkan tingginya biaya yang mesti diambil perbankan dan nasabah melalui mekanisme kredit dan layanan perbankan lainnya.

"Kompetensi Gubernur BI yang baru harus setara dengan pendahulunya. Gubernur BI baru harus menguasai ilmu ekonomi makro dan moneter," tuturnya.

Selama ini, BI didukung tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya. Ketiga bidang tugas ini adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia.

BBM, harga(Dis/Nur)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers. Five Filters recommends: Eyes Like Blank Discs - The Guardian's Steven Poole On George Orwell's Politics And The English Language.

Diposkan oleh iwan di 01.29  

0 komentar:

Poskan Komentar